Intip Isi Pameran GIIAS 2017 yang Akan Digelar Bulan Mendatang
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Senin, 24 Juli 2017 20:00 WIB
Sejumlah pengunjung melihat mobil asal Cina, Wulling motors yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, ICE BSD, Tangerang, Banten. Wuling memakai mesin 1.500 cc 4 silinder non turbo, dan versi yang datang ke sini semuanya pakai transmisi manual. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah mengatakan kendaraan yang akan ditampilkan dama pameran melibatkan mobil konsep yang diusung sejumlah pabrikan.

“Total ada 42 merek kendaraan roda empat, roda dua, dan sepeda motor yang mengikuti pameran ini,” kata dia, kutip Koran Tempo edisi Senin 24 Juli 2017. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu, yang hanya 30 merek.

Pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, GIAAS akan kembali hadir pada 10-20 Agustus mendatang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bintang utama pergelaran yang diadakan para anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ini adalah mobil-mobil keluaran baru.

Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, sebagai pameran berkelas internasional, acara ini dirancang sebagai panggung bagi produk-produk dan teknologi otomotif terbaru. “Sehingga masyarakat luas bisa mengikuti perkembangan otomotif terkini.” GIIAS 2017 masih mengusung tema teknologi mobilitas masa depan.

Baca: Nama XM Concept Bocor di Internet, Mitsubishi Malah Senang

Berikut ini daftar kendaraan yang bakal dipamerkan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten:

1. MitsubishiDi GIIAS, Mitsubishi akan meluncurkan Expander. Inilah produk multi-purpose vehicle (MPV) versi mobil konsep Mitsubishi XM-Concept yang sudah dipamerkan Mitsubishi di GIIAS tahun lalu. Tahun ini, pabrikan Jepang berlogo tiga berlian ini mulai memproduksi Expander di pabrik baru mereka di Bekasi, Jawa Barat. Pekan lalu, bocoran tampilan Expander sudah beredar di sejumlah situs otomotif nasional.

Mobil yang dirancang bersaing di segmen small-MPV seperti Toyota, Avanza, Xenia, dan Mobilio ini mengusung konsep crossover MPV dengan sport utility vehicle (SUV), sehingga tampilannya lebih berotot dan kekar.

Ihwal spesifikasi dan harganya, Expander diperkirakan menggunakan mesin 1.500 cc 4 silinder dan dijual dengan harga Rp 170-200 jutaan. Harga resminya baru akan diumumkan di GIIAS nanti.

2. ToyotaExecutive General Manager PT Toyota Astra Motor, Franciscus Soerjopranoto, secara tersirat pernah mengungkapkan bahwa produk SUV crossover C-HR akan meluncur pada tahun ini. “Kemungkinan besar tahun ini masuk,” kata dia, Juni lalu. Jika Toyota akan memanfaatkan momentum GIIAS, produk yang konsepnya sudah dipamerkan di GIIAS tahun lalu ini akan resmi diluncurkan pada Agustus mendatang. Toyota C-HR sudah mengaspal di negara asalnya, Jepang, dengan memakai mesin hibrida. Belum jelas spesifikasi produk ini jika jadi meluncur di Indonesia.

Simak: Diluncurkan Agustus, Peminat Mitsubishi XM Concept Tembus 16 Ribu

3.  HyundaiPabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, mengandalkan mobil perkotaan i10 dalam pameran kali ini. Mobil yang sudah meluncur pekan lalu ini merupakan hasil penyegaran produk sejenis yang mengaspal beberapa tahun lalu. Hyundai Grand i10 ini ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis shiftronic.

4. SuzukiTahun ini, lini produk Suzuki kedatangan banyak varian baru. Setelah meluncurkan city car Ignis pada kuartal kedua lalu, Suzuki akan mendatangkan produk anyar seperti Baleno Hatchback dan model terbaru produk legendaris mereka, Jimny.

5. DaihatsuDaihatsu diperkirakan tak mengeluarkan produk baru pada tahun ini. Namun, di GIIAS, Daihatsu akan memajang sejumlah mobil konsep dan lima kendaraan edisi terbatas produk-produk populer mereka, seperti Ayla, Terios, Luxio, Sirion, dan Xenia. Peluncuran edisi khusus ini sekaligus bertujuan memperingati ulang tahun Daihatsu yang ke-110.

6. Mercedes-BenzPabrikan asal Jerman yang memiliki fasilitas produksi dan perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, ini semakin agresif dengan mengeluarkan sejumlah produk baru. Setelah sepanjang 2016-2017 merilis lebih dari lima model SUV, di GIIAS, Mercedes-Benz akan meluncurkan empat sedan mewah. Empat produk itu adalah E300 Coupe, AMG E 43, AMG GT R, dan New E 350 e. Salah satunya akan diperkenalkan dengan teknologi mesin hibrida.

7. Merek lainSejumlah merek lain di kelas premium juga bakal merilis produk anyar. Audi, misalnya, akan memperkenalkan SUV Audi Q5 dan mobil kompak Audi A3. Sementara itu, Lexus akan membawa dua produk baru plus sejumlah mobil konsep. Namun Lexus Indonesia masih merahasiakan produk-produk tersebut sebelum unjuk gigi di GIIAS 2017.

PRAGA UTAMA

#GIIAS
#Gaikindo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi