Inilah Tujuan Renault, Nissan dan Mitsubishi Berinvestasi US$ 1 M
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 21 Januari 2018 19:14 WIB
Logo Renault Nissan. wikipedia.org

TEMPO.CO, Jakarta - Pembuat mobil asal Prancis, Renault akan bergabung dengan raksasa otomotif Jepang Nissan Motor dan Mitsubishi Motors untuk mendirikan perusahaan patungan.

Tiga pabrikan otomotif ini akan menginvestasikan hingga US$1 miliar selama 5 tahun ke depan pada start up yang fokus pada teknologi otomasi, kecerdasan buatan dan teknologi maju lainnya, mengutip Nikkei Asian Review, Minggu 21 Januari 2018.

Baca: Penjualan MPV Mewah Nissan Serena Hanya Separuh Toyota Alphard

Investasi pertama akan masuk ke Ionic Materials, perusahaan Amerika yang mengembangkan bahan baterai solid state untuk kendaraan listrik.

Ionic sedang mengembangkan bahan untuk baterai solid state bebas kobalt, yang harganya melonjak tinggi. Baterai yang dijanjikan ini masih dalam tahap pengembangan, dan Ionic telah menguji sejumlah teknologi.

Perusahaan patungan akan mengkoordinasikan pekerjaan pembuat mobil dengan para start up. Teknologi yang ditemukan oleh masing-masing mitra akan dibagi untuk Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Kantor akan didirikan di berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk Israel dan India.

Baca: NMI Rilis Datsun Cross, di India Justru Redi Go yang Muncul

Ketiga pabrikan mobil tersebut akan menginvestasikan uang sebesar 2 persen dari anggaran penelitian dan pengembangan gabungan mereka ke perusahaan baru tersebut. Sebab itu para produsen mobil itu sedang menyiapkan unit modal ventura untuk membantu menjalin hubungan dengan para startup pemilik teknologi yang menjanjikan.

BISNIS

#Renault
#Nissan
#Mitsubishi

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi