Renault Bakal Jual Saham Nissan Sekitar 2,5 Persen
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 28 Maret 2024 10:00 WIB
Renault menjadi Premium Partner Roland-Garros. (Foto: Renault)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Renault berencana menjual saham Nissan sekitar 2,5 persen kepada produsen mobil asal Jepang tersebut dalam kesepakatan. Penjualan saham ini diperkirakan dapat menghasilkan hingga 362 juta euro.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Reuters pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024, penjualan saham tersebut merupakan yang kedua kalinya karena Renault berupaya mengurangi kepemilikan sahamnnya di Nissan, dari sekitar 43 persen menjadi 15 persen, seiring dengan upaya kedua perusahaan tersebut membentuk kembali kemitraan jangka panjang mereka.

Pada Desember tahun lalu, Renault telah menjualan lima persen saham Nissan kepada perusahaan Jepang itu. Penjualan terbaru sebanyak 100.242.900 saham Nissan tersebut merupakan bagian dari 24,63 persen modal Nissan yang dimasukkan Renault ke dalam perwalian Perancis.

Penjualan tersebut akan dilaksanakan sebagai bagian dari program pembelian kembali saham yang diumumkan oleh Nissan. "Transaksi akan memungkinkan deleveraging lebih cepat dan mendukung tekad grup untuk kembali ke peringkat layak investasi," tulis Renault dalam pernyataannya.

Renault memiliki hak untuk menjual lebih lanjut 180.447.100 saham Nissan. Saham tersebut telah ditawarkan namun belum dibeli kembali oleh Nissan kepada pihak ketiga selama jangka waktu 180 hari.

Sebagai bagian dari perjanjian tahun lalu untuk mengurangi aliansi mereka, Renault dan Nissan menargetkan kepemilikan saham silang sebesar 15 persen.

DICKY KURNIAWAN | REUTERS

Pilihan Editor: Nissan dan Mitsubishi Hadirkan Solusi Layanan Mobilitas Masa Depan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi