Honda Forza 300 2018 Meluncur Siap Hadang Yamaha Xmax
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 9 Maret 2018 19:44 WIB
Honda Forza 300 mengaspal di Eropa siap bersaing dengan Yamaha Xmax 300.Sumber: motorcycle.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda telah meracik Honda Forza 300 2018, pesaing Yamaha XMAX di Eropa yang sudah dua tahun tak direvisi. Kini, Honda menjejali beberapa pembaruan dari Honda Forza agar mampu bersaing dengan Yamaha Xmax. Langkah pertama Honda adalah meracik bodi Forza lebih tajam dan agresif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Langkah kedua, Honda Forza dirancang lebih nyaman ketika digunakan berselap-selip saat kemacetan. Honda Forza kini menggunakan sasis baru yang lebih kompak dan mampu memangkas bobot hingga menjadi 181 kilogram. Adapun Yamaha Xmax hanya 179 kilogram. Honda juga memperpendek jarak sumbu roda sebesar 1,4 inci menjadi 59,4 inci. Rake juga diubah menjadi lebih sempit 26,5 derajat sehingga mempermudah handling motor. Namun soal jarak jok ke tanah bertambah tinggi.

Baca: Pemesanan Skuter Yamaha XMAX Laris Manis

Pada kaki-kaki, Honda justru menanggalkan suspensi yang memiliki diameter 35 mm dengan yang lebih kecil 33 mm. Namun, suspensi ini masih sepadan dengan Yamaha Xmax yang juga menggunakan diameter 33 mm. Pelek pun juga menggunakan kombinasi yang sama dengan pesaing, yaitu 15 inci di depan dan 14 inci di belakang, yang sebelumnya menggunakan kombinasi 14 inci di depan dan 13 inci di belakang.

Suspensi belakang mengandalkan model stereo dengan tujuh setelan preload. Pengereman menggunakan kombinasi rem cakram diameter 256 mm di roda depan dan cakram 240 mm di bagian belakang. Rem tersebut telah disematkan antilock brake system.

Mesin tetap sama berkapasitas 279 cc pendinginan SOHC empat katup seperti model 2017. Tenaganya diklaim mencapai 24,8 hp pada 7.000 rpm, sedangkan torsi 20,1 lb-ft pada 5.750 rpm. Dengan tenaga yang setara motor sport 250 cc, Honda menyematkan kontrol traksi serupa dengan Yamaha Xmax. Kontrol traksi ini dapat dipindahkan untuk memantau kecepatan roda, mengontrol torsi, dan menghilangkan gejala slip.

Baca: Ini Dia Warna Yamaha Xmax yang Paling Disukai Konsumen

Mesin ini diklaim efisien dengan raihan 30,9 kilometer per liter. Ada beberapa fitur yang sangat berguna misalnya pengaturan windshield bisa dilakukan secara elektrik, lampu LED, instrumen yang lebih canggih, dan bagasi yang mampu memuat dua helm full face. Honda Forza 300 akan ditawarkan dalam empat pilihan cat: Crescent Blue Metallic, Pearl Nightstar Black, Matt Cynos Grey Metallic, dan Matt Pearl Cool White.

MOTORCYCLE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi