Impresi Menguji Jagoan Slalom All New Daihatsu Sirion
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 16 Maret 2018 17:33 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Kesan pertama menjajal All New Daihatsu Sirion adalah suspensinya keras. Ya, suspensi All New Daihatsu Sirion memang berkarakter keras. Tak salah jika mobil ini dikenal sebagai jagoan di lintasan slalom nasionl. Kegiatan yang ramai di tingkat nasional dan diikuti banyak peserta muda adalah Daihatsu Sirion Slalom College Battle dan Daihatsu Sirion Slalom Time Battle.

Hal itulah yang dirasakan Tempo saat mengikuti sesi media test drive untuk All New Daihatsu Sirion pada 15 Maret 2018. Rute test drive kali ini dari Gedung Vehicle Logistic Centre Astra Daihatsu Motor Jakarta Utara, menuju kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang. Lalu, kembali ke Sunter.  

Meski demikian, keras di sini bukan berarti menghilangkan kenyamanan. Untuk penggunaan dalam kota yang mayoritas didominasi jalanan beraspal mulus, All New Daihatsu Sirion tetap nyaman digunakan untuk sehari-hari.

All New Daihatsu Sirion melaju di Tol Lingkar Luar Barat, Tangerang, Kamis, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Pada bagian depan All New Daihatsu Sirion menggunakan MacPherson Strut, sementara di belakang torsion beam. Daihatsu menambahkan stabilizer untuk mengoptimalkan kinerja kaki-kaki Sirion terbaru.

Baca: Fitur Ini yang Diklaim Membuat All New Daihatsu Sirion Irit BBM

"Suspensinya memang memiliki karakter yang keras sehingga memberikan kestabilan pada saat digunakan untuk bermanuver tajam," kata Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela All New Daihatsu Sirion Media Test Drive di Tangerang, Kamis, 15 Maret 2018.

Ruang kemudi All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Bambang menambahkan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan survei pada konsumen Sirion yang mayoritas anak muda atau keluarga muda. Sebagian besar menginginkan kendaraan yang memiliki mesin responsif.

Namun, memiliki kepraktisan serta mendukung kebutuhan anak muda. Mulai dari fitur canggih di bagian interior, hingga perlengkapan pendukung untuk isi ulang baterai gadget pada sisi kiri kursi pengemudi.

All New Daihatsu Sirion, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Model ini juga memenuhi syarat disebut sebagai city car masa kini. Selain perangkat hiburan yang mumpuni, All New Sirion juga dilengkapi dengan sejumlah kompartemen yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman di pintu depan maupun belakang serta di konsol tengah, tepatnya di belakang shifter transmisi. Di bagian belakan jok depan (penumpang dan pengemudi) terdapat gantungan serba guna yang dapat menampung beban hingga 4 kilogram.

Simak:  Daihatsu Sirion Generasi Ketiga Dijual Mulai Rp 182,5 Juta

Performa mesin mobil ini cukup bisa diandalkan. Meski hanya berkapasitas 1.3 liter, tapi memiliki performa yang baik. All New Daihatsu Sirion menggunakan mesin 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi Dual VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Tempo menjajal versi otomatis maupun manual. Keduanya menyajikan sensansi yang berbeda. Pada versi manual, laju All New Sirion bisa dibuat galak seperti ketika mengikuti lomba slalom, namun perpindahan giginya tetap terasa halus. Sebaliknya, versi otomatis jelas tak segalak versi manual. Versi ini lebih menyajikan kenyamanan dalam berkendara.

All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Meski menyandang sebagai city car mungil, All New Daihatsu Sirion menyajikan ruang kabin yang lapang. Tempo sempat mencoba duduk di bagian pengemudi maupun di kursi baris kedua. Di baris kedua, masih cukup lapang dengan leg room yang longgar untuk penumpang bertinggi badan 170 cm sekalipun. Posisi sandaran punggung juga tidak terlalu tegak sehingga manjanjikan kenyamanan bagi penumpang belakang sekalipun untuk berkendara jarak jauh.

All New Daihatsu Sirion diluncurkan di Indonesia pada 13 Februari 2018. Hingga saat ini sudah terpesan sebanyak 200 unit. Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan bahwa pengiriman unit ke konsumen akan dimulai pada akhir Maret 2018. All New Daihatsu Sirion ditargetkan terjual sebanyak 200 unit per bulan.

Simak: Penjualan Daihatsu Sirion Ditargetkan 200 Unit per Bulan

Penampilan All New Daihatsu Sirion generasi ke-3 semakin sporti dengan penggunaan lampu utama LED, 15 inci polished alloy wheel, serta LED rear combi lamp.

All New Daihatsu Sirion dilengkapi charger smartphone yang terdapat di dashboard bagian tengah di samping kursi depan. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

All New Sirion dilengkapi dengan key free system dan Start / Stop Button disertai immobilizer, dan Digital AC yang memudahkan untuk mengatur suhu kabin sesuai keinginan. Dengan adanya 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi Parking Camera, ditambah audio dan phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara.

Pada fitur keselamatan, All New Sirion juga dibekali beragam fitur seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer.

All New Daihatsu Sirion, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

All New Daihatsu Sirion juga dilengkapi dengan kantun udara pada empat titik (depan dan sisi samping kiri kanan kursi depan), ISOFIX, dan Seat Belt Reminder pada pengemudi dan semua penumpang. Model ini dilepas ke pasar dengan harga Rp 182,5 untuk tipe manual (M/T), dan Rp 193,5 juta untuk tipe otomatis (A/T).


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi