Mobil Otonom Baidu Dapat Ijin Pengujian di Beijing
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 23 Maret 2018 07:35 WIB
Website Baidu. REUTERS/Carlos Barria
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Beijing - Beijing mengeluarkan plat nomor sementara untuk mobil otonom Baidu. Plat nomor itu dikeluarkan untuk pengujian mobil tanpa supir Baidu di jalan umum pada Kamis, 22 Maret 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beijing diketahui telah membuka 33 jalan dengan total panjang 105 kilometer untuk pengujian mobil otonom di luar Jalan Lingkar Kelima dan jauh dari daerah padat penduduk.

Dalam peraturan pemerintah setempat tentang mobil otonom, mobil tanpa supir itu harus memenuhi syarat untuk pengujian jalan umum setelah menyelesaikan 5.000 kilometer pengujian yang ditentukan dan lulus penilaian.

Baca: Mobil Swakemudi Uber Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Kendaraan uji harus dilengkapi dengan perangkat pemantauan yang dapat memantau perilaku mengemudi, mengumpulkan informasi lokasi kendaraan dan memantau apakah kendaraan berada dalam mode mengemudi sendiri.

Pengemudi yang menguji harus mendapatkan minimal 50 jam pelatihan mengemudi sendiri. Beijing telah membangun tempat uji coba pertama mobil otonom di Distrik Haidian, mencakup lahan seluas 13 hektare. Lisensi untuk pengujian di jalan berlaku selama 30 hari dan pemegang lisensi dapat mengajukan permohonan pembaruan setelah mobil otonom lulus penilaian.

Simak: Beijing Uji Coba Mobil Swakemudi di Taman Kota

Baidu sedang mengembangkan peta resolusi tinggi untuk mobil otonom, yang pertama akan didasarkan pada 33 jalan khusus untuk pengujian mobil otonom di Beijing.

Direktur Teknis Mobil Otonom Baidu Tao Ji mengatakan keselamatan dan mematuhi peraturan jalan adalah prioritas dalam pengujian awal, kecepatannya sedikit lebih lambat daripada batas kecepatan jalan.

Menurutnya, ada beberapa set sensor di kendaraan sehingga, jika terjadi kegagalan sensor, tabrakan dengan pejalan kaki atau kendaraan lain dapat dihindari.

"Seorang pengemudi biasanya belajar bagaimana mengemudi lebih baik di jalan sebenarnya daripada di sekolah mengemudi, dan begitu juga mobil otonom," kata Guo Jifu, Presiden Beijing Transport Institute seperti dilansir Xinhua.

CHINA DAILY | WP

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi