Cina Beri Izin 9 Pabrikan untuk Uji Coba Publik Mobil Otonom
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 11 Juni 2024 11:00 WIB
Ilustrasi teknologi perangkat lunak mengemudi otonom. REUTERS/Tingshu Wang
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Cina telah memberikan persetujuan kepada sembilan produsen mobil untuk melakukan pengujian kendaraan berteknologi otonom di jalan umum. Uji coba publik ini merupakan bagian dari rencana untuk mempercepat adopsi mobil tanpa awak alias otonom.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Reuters hari ini, Selasa, 11 Juni 2024, pengujian untuk teknologi penggerak otonom tingkat tiga akan dilakukan oleh BYD, Nio, Changan Automobile, GAC, dan SAIC. Operator armada seperti perusahaan ride-hailing juga akan dilibatkan dalam pengujian ini.

Industri otomotif telah menetapkan lima tingkat mengemudi otonom, yang mencakup fitur bantuan pengemudi seperti cruise control di tingkat satu hingga mobil yang dapat mengemudi sendiri sepenuhnya di tingkat lima.

Tiongkok mengeluarkan pedoman skema nasional pada November lalu untuk mulai menerima aplikasi dari perusahaan-perusahaan yang berupaya meluncurkan lebih banyak kendaraan otonom untuk diadopsi secara massal. Dalam rencana tersebut, pengemudi kendaraan uji diperbolehkan melepaskan tangan mereka dari kemudi, dan produsen mobil serta operator armada bertanggung jawab atas keselamatannya.

Pemerintah Cina membuka jalan bagi komersialisasi lebih lanjut dari teknologi mengemudi otonom yang lebih maju, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Para eksekutif produsen mobil mengatakan hal ini merupakan satu langkah lebih dekat untuk mengizinkan kendaraan level tiga dijual dan digunakan oleh pembeli individu dan operator armada.

Setidaknya 10 produsen dan pemasok mobil termasuk Huawei dan Xpeng, telah menawarkan teknologi kemampuan mengemudi otonom tingkat dua di Tiongkok. Teknologi ini masih membutuhkan pengemudi yang mengambil perhatian penuh saat memegang kemudi.

Pilihan Editor: Harga Toyota Innova Venturer Masih Tinggi di Pasar Mobil Bekas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi