Saingi Xpander, Suzuki Ertiga Terbaru World Premiere di Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 5 April 2018 08:10 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -

Rumor peluncuran Suzuki Ertiga terbaru semakin kuat. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini santer dikabarkan meluncur di Indonesia sebelum pameran otomotif Indonesia International Motor Show pada 19-29 April 2018. Jika benar demikian, maka Indonesia akan menjadi negara pertama di dunia (world premiere) yang merasakan Suzuki Ertiga terbaru.

Sumber Tempo di internal Suzuki Indonesia dalam berbagai kesempatan tak membantah ketika ditanya rencana peluncuran Suzuki Ertiga terbaru sebelum pameran otomotif IIMS 2018. “Tunggu informasinya lebih lanjut, sebentar lagi akan diungkap,” kata sumber Tempo yang enggan disebutkan namanya akhir Maret lalu.

Baca: Ini Perbandingan Dimensi Suzuki Ertiga 2018 vs Mitsubishi Xpander

Sejak akhir tahun lalu, berita tentang kemunculan mobil terbaru Suzuki Ertiga ramai beredar di jagat maya. Suzuki Ertiga terbaru beberapa kali tertangkap kameran sedah diuji di jalanan di India. Fotonya ramai beredar di Internet. India, negara asal Suzuki Ertiga, diperkirakan baru meluncurkan produk ini pada Juni – Agustus 2018.

Sebuah mobil yang diyakini model terbaru Suzuki Ertiga tertangkap kamera sedang diuji di India. (Thrust Zone)

General Manager Strategic  Planning Departement PT Suzuki Indomobil Motor Ryohei Uchiki sempat mengisyaratkan Pabrik Suzuki di Indonesia sedang menyiapkan sebuah produk yang akan world premiere dalam waktu dekat ini. “Tapi saya belum bisa menjelaskan secara detail ya,” kata Uchiki di Pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, 19 Februari 2018.

Ketika itu, Uchiki sedikit memberikan bocoran tentang jenis mobil yang akan diluncurkan itu, yakni antara SUV atau MPV. "Pasar MPV dan SUV di Indonesia terus tumbuh. Keduanya sangat menjanjikan," ujarnya.

Simak: Simak Perubahan pada Sosok New Suzuki Ertiga 2018 Dalam acara Suzuki Media Gathering awal Maret lalu, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)  Setiawan Surya memastikan bahwa penampilan Suzuki Ertiga terbaru akan berubah total. Namun ia masih menutup rapat informasi tentang Suzuki Ertiga terbaru. “Pasti berubah total ya,” kata Setiawan di hadapan jurnalis.

Dari berbagai sumber, dimensi Suzuki Ertiga terbaru sedikit lebih besar dibanding model sebelumnya. Dimensinya, mendekati Mitsubishi Xpander tapi lebih besar dibanding kompetitor lain seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Wuling Confero.

Diproduksi di Pabrik Suzuki Cikarang

Di Indonesia, Suzuki Ertiga diproduksi di Pabrik Suzuki di Cikarang. Suzuki menggelontorkan investasi sebesar US$ miliar untuk membangun Pabrik Cikarang. Pabrik ini dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi modern.

Pabrik ini diklaim sebagai pabrik Suzuki global terbaru yang dilengkapi dengan teknologi tercanggih. Bahkan, teknologi yang diterapkan pada pabrik Suzuki di Cikarang diklaim lebih modern dibanding pabrik Suzuki di Jepang dan negara lain.

Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan perakitan mobil Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Dalam 10 tahun terakhir, lanjut Uchiki, Suzuki global membangun pabrik di Sagara, Jepang (2008), Thailand (2012), dan Cikarang (2015). Dalam peta bisnis Suzuki global, Indonesia akan dijadikan sebagai pilar ketiga setelah Jepang dan India.

Baca: Bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Siapkan Ertiga Terbaru

Saat ini, total sebanyak 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). 90 persen operasional pabrik didominasi teknologi robotik. Pabrik ini juga memiliki fasilitas pencetakan logam atau forging (untuk komponen transmisi) dan seat (jok mobil).

Pabrik Suzuki Cikarang saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu per tahun untuk perakitan mobil, 71 ribu unit per tahun (mesin) dan 176 ribu unit per tahun (transmisi).

Ekspor ke 25 Negara

PT Suzuki Indomobil Sales melaporkan bahwa sepanjang tahun 2017 telah mengekspor 12.196 unit New Suzuki Ertiga ke-25 negara di Asia, Oceania, Amerika Selatan, dan Karibia. Ekspor itu dalam bentuk Complitely Build Up.

Selain memproduksi unit New Ertiga, Pabrik Cikarang juga memproduksi mesin dan transmisi untuk pasar domestik dan luar negeri. Jenis mesin Vang diproduksi ialah mesin K108 clan K148. Mesin tipe K148 diproduksi untuk unit New Suzuki Ertiga sedangkan mesin tipe K108 diproduksi untuk unit Karimun Wagon R.

Aktivitas final inspection New Suzuki Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang, Bekas, Jawa Barat. 19 Februari 2018. Pabrik ini memproduksi mobil New Ertiga, Karimun Wagon R, mesin, dan transmisi. TEMPO/Wawan Priyanto.

Selain itu, untuk produksi transmisi juga diekspor ke negara Thailand, Pakistan, Malaysia dan India. Mesin keluarga K series ini terbuat dari aluminium yang ringan dan bekerja lebih efisien Mesin bertaraf global ini bertenaga dan responsif namun tetap hemat bahan bakar.

Simak: Mitsubishi Xpander Mulai Geser Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga

Secara keseluruhan, total ekspor Suzuki Indonesia (termasuk komponen, transmisi dan mesin) melonjak sebesar 44 persen dari 44.125 unit sepanjang 2016 menjadi 63.568 unit pada 2017. Permintaan Suzuki Ertiga dilaporkan meningkat sebesar 95 persen dari 6.258 unit menjadi 12.196 unit pada tahun lalu.

Khusus untuk ekspor mobil yang terdiri dari mobil utuh (completely built up/CBU) melejit sebesar 24,6 persen menjadi 28.504 unit pada 2017 dibandingkan dengan 2016 yang hanya sebanyak 22.861 unit. Ekspor mobil terurai (Completely Knock Down/CKD) Suzuki juga naik sebesar 65 persen menjadi 35.064 unit dari 21.264 unit.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi