Toyota C-HR Gunakan Mesin 1.8L, Duel dengan Honda HR-V 1.8L
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 9 April 2018 15:30 WIB
Toyota C-HR dikabarkan segera masuk pasar Indonesia. Sejumlah dealer Toyota akan membuka pemesanan mobil ini pada mulai April 2018. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) anyar, All New Toyota C-HR, Selasa, 10 April 2018. Namun, hingga saat ini Toyota Indonesia masih merahasiakan spesifikasi dan harganya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai SUV crossover, C-HR akan bersaing dengan beberapa pemain lama di Indonesia. Saat ini ada beberapa model yang berebut kue pasar di kelas ini, termasuk juga Toyota dengan varian Rush.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen SUV kecil tergerus 7,96 persen sepanjang dua bulan pertama 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penyegaran Rush dan Terios memang memberi angin segar, tetapi Honda tampak tengah menurunkan pasokan BR-V dan HR-V secara signifikan.

Baca: Toyota C-HR Dipastikan Meluncur 10 April 2018, Simak Keunggulannya

Mengingat desain futuristiknya, kehadiran Toyota C-HR rasanya akan menyuntikan stimulus positif ke ceruk SUV di Indonesia. Namun, tampaknya perusahaan tidak mengincar volume besar pada tahap awal. Pasalnya TAM akan mengimpor secara utuh atau completely built up (CBU) mobil tersebut, tidak seperti model lain dengan angka penjualan tinggi yang sudah dirakit lokal.

Di Thailand dan Malaysia, negara tetangga terdekat, CH-R menggunakan spesifikasi mesin bensin 1.8 L dan 1.8 L hibrida. Jika demikian C-HR bisa dipastikan akan beradu kekuatan dengan HR-V yang juga memiliki varian mesin 1.8 L yang selama ini bisa dikatakan tidak punya lawan.

Baca: Adu Speknya Toyota C-HR Lawan Honda HR-V, Unggul Mana?

Dengan demikian CH-R tidak akan mengincar pasar gemuk Tanah Air. Tidak seperti SUV crossover bermesin 1.5L yang masih bisa mengincar konsumen dengan daya beli Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Sebagai gambaran, PT Honda Prospect Motor melepas HR-V 1.8 L dengan kisaran harga Rp380 juta hingga Rp400 juta. Kemungkinan besar, C-HR akan dibanderol dengan harga lebih tinggi dari itu karena statusnya sebagai mobil CBU.

Adapun Toyota C-HR di Thailand dan Malaysia dibekali dengan beberapa fitur keselamatan, seperti 7 kantung udara, ABS+EBD+BA, vehicle stability control, traction control, dan hill start assist . Selain itu juga ada rear cross traffic alert, blind sport monitoring, brake hold, electric parking brake, cruise control dan headunit 7 inci.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi