Toyota C-HR Meluncur Hari Ini, Unggulkan Desain dan Fitur Canggih
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 10 April 2018 08:00 WIB
Seorang pengunjung melihat-lihat interior Toyota C-HR custom berwarna kuning di Toyota Mega Web, Odaiba, Jepang, 27 Oktober 2017. Mobil ini diperkirakan masuk ke Indonesia di pertengahan 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor akan meluncurkan Toyota C-HR di Jakarta, Selasa siang, 10 April 2018. Model ini didatangkan langsung dari Thailand. Toyota C-HR yang masuk ke Indonesia diperkirakan akan menggunakan mesin 1.8L. Model ini akan berhadapan dengan Honda HR-V 1.8L yang selama ini melenggang sendirian di pasar SUV medium.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berapa harganya? Toyota masih menutup rapat informasi soal harga ini. Sumber internal Toyota hanya memberikan range harga Rp 450 juta hingga Rp 500 juta, tapi harga itu bisa saja di lebih murah dari yang dibocorkan.

Baca: Dealer Ini Mulai Diserbu Peminat Toyota C-HR

Dari berbagai sumber yang dihimpun Tempo, Toyota C-HR yang masuk ke Indonesia hampir sama dengan yang dipasarkan di Malaysia. Toyota C-HR dibekali berbagai fitur canggih, terutama yang berkaitan dengan keselamatan.

Bagian belakang Toyota C-HR Hybrid yang dipajang di Toyota Mega Web, Odaiba, Tokyo, Jepang, 27 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Salah satunya adalah Toyota Safety Sense sebagai fitur standar yang hingga kini terus dikembangkan. Fitur-fitur keselamatan canggih itu di antaranya Pre-Collision System yang mengingatkan ketika ada potensi tabrakan termasuk sensor pejalan kaki, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan steering control, Automatic High Beam dan Road Sign Assist.

Baca: Toyota C-HR: Performa Mesin Oke, Kabin Berdesain Minimalis

Pre-Collision System akan memberikan peringatan pada kecepatan sekitar 10 kilometer per jam atau lebih mendeteksi adanya kendaraan lain atau pejalan kaki yang berpotensi terjadi tabrakan. Peringatan tersebut muncul lewat suara dan layar instrumen MID.

Interior Toyota C-HR yang dipamerkan di showroom mewah Toyota Mega Web di Odaiba, Tokyo, Jepang, 28 November 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Fitur ini mengandalkan kamera depan dan sensor khusus. Pada saat yang sama, Pra-Collision Brake Assist akan memberikan tambahan pengereman saat pedal rem ditekan. Jika sistem menentukan bahwa potensi tabrakan frontal dengan kendaraan atau pejalan kaki tinggi, rem secara otomatis akan aktif untuk membantu menghindari tabrakan atau membantu mengurangi dampak tabrakan.

Video interior Toyota C-HR

Tak hanya sistem keamanan yang canggih, Toyota C-HR juga menyematkan sistem yang membantu pengemudi yaitu Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert. Blind Spot Monitor menggunakan sensor yang dipasang di sudut belakang kendaraan untuk mendeteksi kendaraan di dekatnya yang tak terlihat sehingga menghindari potensi bersinggungan.

Beragam tombol di setir Toyota C-HR yang dipajang di Toyota Mega Web, Odaiba, Tokyo, Jepang, 27 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Nantinya, pengemudi diingatkan dengan lampu LED. Toyota C-HR juga menawarkan sistem Simple Intelligent Parking Assist (S-IPA) baru yang menggunakan berbagai sensor untuk mengidentifikasi ruang parkir bisa tepat tanpa menyenggol mobil lain.

Baca: Duel Teknologi SUV Kompak Toyota C-HR dan Nissan Kicks

Di sektor hiburan, Toyota C-HR juga memberikan kepuasan bagi penggunanya. Diantaranya, penggunaan sistem audio premium JBL yang dibuat khusus yang terdiri dari amplifier stereo 8-channel, 576 Watt dan 9-speaker, termasuk sistem gelombang JBL akustik yang baru dipatenkan dan dikenal sebagai horn tweeter. JBL yang dipasang telah bersertifikasi THX.

Transmisi otomatis Toyota C-HR versi hybrid yang dipajang di Toyota Mewa Web, Odaiba, Jepang, 27 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Sistem ini memberikan reproduksi suara terbaik di segmen Crossover. Toyota juga memberikan kabin yang cukup kedap sehingga suara audio yang jernih. Posisi penempatan sistem audio pun diatur sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil maksimal.

Pantau terus otomotif.tempo.co dan gooto.com untuk update terbaru Toyota C-HR dan berita otomotif lainnya.

Toyota C-HR dikabarkan segera masuk pasar Indonesia. Sejumlah dealer Toyota akan membuka pemesanan mobil ini pada mulai April 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi