Toyota Alphard Hybrid: Mewah, Suara Mesin Halus Tanpa Getaran
Reporter: Muhammad Kurnianto (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 8 Agustus 2018 19:27 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota memamerkan Toyota Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) di Beyond Mobility Area selama GIIAS 2018 di Hall 9 ICE BSD. Tempo sempat menjajal mobil ini, di kabin terasa sangat nyaman, mobil dengan kapasitas tujuh penumpang sudah menyematkan pengaturan kursi elektronik untuk bagian pengemudi. Interior mewah langsung menyambut ketika pengemudi masuk ke dalam mobil.

Tempo mencoba mengendarai mobil berukuran besar warna putih ini, saat di starter tidak terdengar bunyi apapun. Ketika hendak berbelok ke kiri dan ke kanan dengan menyalakan lampu sign, layar yang ada di tengah yang menyatu dengan audio head unit akan langsung menjadi layar pemberitahuan agar mengetahui sekeliling mobil.

Baca: Sedan Mewah Toyota Century Mulai Dipasarkan di Jepang

"Yang membedakan mobil New Alphard Hybrid dengan yang tidak Hybrid hanya di mesinnya saja, yang Hybrid pakai tenaga listrik, apabila kecepatan 0-40 kilometer perjam, mobil ini menggunakan tenaga listrik, di atas 40 kilometer per jam, mobil ini menggunakan bensin," kata Lenanda dari bagian Test Drive Hybrid Toyota, Selasa, 7 Agustus 2018.

Menurut Nanda pengisian daya listrik dihasilkan ketika mobil melakukan pengereman, indikator tenaga listrik juga tersemat di layar speedometer mobil. "Mobil ini belum ada di Indonesia, unit Toyota New Alphard ini memang hanya untuk yang test drive, kalaupun mobil ini masuk ke indoneisa estimasi harga yang di tawarkan kira-kira Rp 1,4-1,5 miliar," ujarnya.

Saat Tempo mencoba mobil ini sampai 40 kilometer per jam dengan menginjak rem yang dalam, mobil berhenti dengan halus dan tidak slip berkat Anti-lock Braking System (ABS).

Baca: Sensasi di Kabin Toyota Prius PHEV: Nyaman dan Senyap

"Kapasitas batre mencapai 2,5 HV, kapasitas ini bisa mencapai perjalanan sampai 200 kilometer tergantung pemakain pengemudi, mobil ini digerakan dengan 4 penggerak roda," ujarnya. 

Untuk test drive mobil hybrid yang ada di pameran otomotif GIIAS, pengunjung harus mempunyai sim A dan mendatangi hall 9, untuk waktu test drive dimulai dari pukul 10.00-17.00 wib.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi