Proton X70 Resmi Diluncurkan, Mobil Esemka Kapan?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 13 Desember 2018 09:33 WIB

GOOTO.COM, JakartaProton X70 resmi diluncurkan di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 12 Desember 2018. Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad secara khusus hadir dalam peluncuran ini didampingi sejumlah menteri. 

Ini adalah SUV pertama Proton setelah pabrikan Malaysia itu sahamnya dibeli DRB Hicom Berhad dan Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd. Proton X70 dibangun dari basis Geely Boyue di Cina. Saat ini Proton X70 masih diimpor secara Completely Built Up (CBU) dari Cina dan akan dirakit di Malaysia mulai 2019.

Perdana Menteri Mahathir dalam sambutannya, mengatakan dia berharap kolaborasi antara Proton dengan Geely akan menghasilkan mobil Malaysia yang sesungguhnya di masa depan. "Tentu saja mobil ini tidak dirancang dan dibangun oleh Proton sepenuhnya tetapi agar cepat (berjalan), Anda harus berhemat," katanya, seperti dilaporkan Bernama.

Baca: SUV Proton X70 Raih Skor Tertinggi Uji Tabrak ASEAN NCAP

Dikutip dari The Star Online, Proton X70  disebut sebagai SUV paling diantisipasi dalam sejarah otomotif Malaysia dengan lebih dari 10 ribu pemesanan yang diterima pada akhir Oktober 2018. 

Dilaporkan Paultan.org, Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Proton Holding Berhad ini ditawarkan dalam 4 varian yakni Standar 2WD (Rp 348 juta/1 Ringgit Malaysia setara Rp 3.487), Executive 2WD (Rp 382,8 juta ), Executive AWD (Rp 403,8), dan Premium 2WD (Rp 431,7 juta). 

Secara harga, Proton X70 menyasar segmen Honda HR-V. Tapi fitur yang disajikan tidak kalah dengan segmen yang lebih tinggi seperti Honda CR-V atau Hyundai Tucson. Proton X70 memiliki dimensi panjang 4.519 mm, lebar 1.831 mm, tinggi 1.694 mm. Dimensi ini 225mm lebih panjang, 59 mm lebih lebar, dan 89 mm lebih tinggi dan wheelbase lebih panjang 60 mm dibanding Honda HR-V. 

Baca: Mobil Esemka Baru Mau Meluncur, Proton X70 Banjir PesananDibanding Honda CR-V, X70 77mm lebih pendek, 24 mm lebih sempit, tapi 15 mm lebih tinggi dan wheelbase lebih panjang 10 mm. 

Simak videonya: 

Di bagian belakang, tepatnya bagasinya tak terlalu luas. Hanya 512 liter, lebih sedikit dibanding Honda CR-V dengan 522 liter. Sedangkan bagasi Nissan X-Trail jauh lebih luas dengan 550 liter. Meski demikian, bagasi Proton X70 dapat dimaksimalkan dengan melipat lursi belakang (konfigurasi 60:40). Sayangnya, kursi bagian belakang Proton X70 tidak dilengkapi dengan pengaturan maju mundur (sliding function) maupun reclining).

Secara desain, Proton X70 bisa disebut sebagai facelift dari SUV Boyue. Hal ini terlihat dari bentuk grill depan dan bemper. Tapi wajah Boyue tetap terlihat dengan jelas, hanya emblem Proton yang terlihat mencolok membedakan dengan Boyue. Model ini mengadopsi lampu utama dengan proyektor dikombinasikan lampu halogens untuk versi standar dan LED untuk varian premium. Versi facelift yang membedakan dengan Boyue ini terlihat jelas pada bemper dengan desain lebih sporty, lengkap dengan krom dan lampu kabut LED. 

Baca: Proton X70 vs Baojun 530, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi PajeroDi bagian interior, Proton X70 bisa disebut sebagai SUV murah dengan fitur mahal. Hal ini terlihat dari pengaplikasikan sistem infotainment baru berbasis Geely Smart Ecosystem (GKUI) yang dilengkapi layar sentuh LCD TFT 8 inci dan 16 giga bita penyimpanan internal. Sistem ini sudah dilengkapi dengan konektivitas MirrorLink untuk smartphone Android, tapi untuk Apple CarPlay dan Android Auto belum tersedia.

Sejauh ini fitur terbesar adalah sistem kontrol suara yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan - sama seperti asisten pribadi yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Mercedes-Benz dan BMW. Menggunakan istilah aktivasi, "Hi Proton", pengguna dapat mengontrol seluruh fungsi kendaraan dari dalam kabin, seperti kontrol iklim (penyejuk udara), pemutaran musik, navigasi, dan bahkan mengoperasikan jendela dan sunroof. Sistem di interior ini diklaim mampu mengenali suhu secara otomatis dan menyesuaikan hingga mencapai suhu ideal. 

Baca: Geely - Proton Luncurkan SUV X70, Ini Rapor Penjualannya di Cina

Proton X70 dibekali mesin besin 1.8 liter turbocharged, direct-injected, 4 silinder. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 181 HP pada 5.500 rpm dan torsi puncak 285 Nm pada 1.700 hingga 4.400 rpm. Tenaga melimpah ini disalurkan ke roda penggerak merlalui transmisi otomatis 6 percepatan yang dikembangkan oleh  Drivetrain System International (DSI), anak perusahaan Geely. Tiga mode berkendara yakni Eco, Normal, dan Sport, tersedia di Proton X70. 

Sementara itu, mobil Esemka yang sempat dikabarkan akan diluncurkan pada Oktober 2018 hingga kini belum jelas kepastiannya. Diperkirakan mobil Esemka akan meluncur pada awal 2019. Tunggu perkembangan terbaru soal mobil Esemka di Tempo.co dan Gooto.com

PAULTAN | THE STAR ONLINE 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi