Canggihnya Teknologi Honda Gold Wing Cegah Tabrakan Lewat Kamera
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 18 Maret 2019 16:15 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Gambar paten teknologi Honda terbaru bocor di dunia maya mampu menghindari benturan lewat kamera depan. Pada gambar paten yang tersebar menggunakan model motor touring, Honda VFR. Namun, desas-desusnya akan diaplikasikan pada motor mewahnya, Honda Gold Wing generasi berikutnya sebaai debut dalam teknologi keamanan.

Baca: Bajaj Pulsar NS200 Ini Tak Kalah Keren dari Kawasaki Versys

Kamera yang terlihat di bagian depan sepeda motor tampak seperti kamera stereoskopik (stereo). Kamera-kamera ini menggunakan dua atau lebih lensa dengan sensor gambar terpisah untuk setiap lensa. Teknologi ini memungkinkan kamera untuk mensimulasikan penglihatan binokular manusia, memberikannya kemampuan untuk menangkap gambar 3D. Honda kemungkinan akan menggunakan mata digital ini untuk tidak hanya memperingatkan pengendara akan halangan yang akan datang tetapi, juga menerapkan tindakan pencegahan lewat pengereman darurat.

Honda Gold Wing, dibanderol seharga Rp 1,05 miliar. Big bike ini memiliki mesin berkapasitas 1.833 cc enam silinder dan mampu menghasilkan 92,9 kw di 5,500 rpm dengan torsi maksimal 170 Nm pada 4.500 rpm. ultimatemotorcycling.com

Honda akan menggunakan informasi yang diberikan oleh kamera stereoskopis dan menggunakan ABS yang dikontrol secara elektronik untuk memperlambat laju sepeda motor untuk menghindari kecelakaan. Sistem pengereman gabungan ini sudah menggunakan Inertial Measurement Unit (IMU) pada sepeda motor untuk ABS pada model generasi saat ini. Memasangkan sistem ini dengan visi 3D ini akan menjadi salah satu sistem pengereman paling canggih yang tersedia di sepeda motor apa pun.

Baca: Harga Jual Sepeda Motor Ingin Tetap Tinggi, Simak Tips Berikut

Hanya saja detailnya masih belum jelas. Teknologi keselamatan ini sepertinya tidak akan lama menjadi kenyataan dalam produksi massal. Dugaan kuat, Honda mengungkap dan memamerkannya di Tokyo Motor Show 2019 pada akhir tahun ini.

AUTOCAR


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi