Cara Bersedekah Pengemudi Grab asal Banyumas, Gratis Tumpangan
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 29 Maret 2019 15:22 WIB
Darno, 43 tahun, mitra pengemudi Grab asal Palangkaraya rela mengurangi penghasilannya untuk bersedekah. Dok Grab
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perjuangan menjadi tukang ojek tak mudah namun Darno, 43 tahun, menjalaninya dengan tulus. Bahkan, pengemudi Grab asal Palangkaraya rela mengurangi penghasilannya untuk bersedekah dengan menggratiskan biaya perjalanan penumpangnya setiap hari Jumat. Hal tersebut diakuinya sebagai ibadah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Hyundai dan Grab Berminat Investasi Mobil Listrik di Sini

“Saya berdoa agar niat baik dan ibadah saya ini dapat diberikan kepada orang tua, khususnya untuk ibu saya. Saya mendapatkan panggilan hati secara pribadi untuk membalas semua pengorbanan orang tua saya, terutama ibunda saya di Banyumas,” ujar Darno dalam keterangan tertulis.

Ia mengungkapkan pekerjaannya sebagai wujud bakti kepada orang tua. Sang ibunda tinggal sebatang kara di kampung halamannya. Meskipun jauh, Darno berharap pahala baiknya dapat memberi kebahagiaan bagi sang ibu. Ia pun menjelaskan bahwa hal ini juga merupakan salah satu caranya untuk berbuat baik dan berkontribusi kepada sesama walaupun dalam jumlah kecil.

Darno saat ini tinggal di Palangkaraya. Ia merantau dari Banyumas ke Sampit, Kalimantan Tengah pada Februari 2007, sebelum pindah ke Palangkaraya satu tahun kemudian. Darno dulunya memiliki dua pekerjaan sebagai tukang bangunan di pagi hari, dan menjadi penjaga toko bangunan di malam hari, sebelum akhirnya memutuskan bergabung menjadi mitra pengemudi GrabBike.

Simak: Grab Luncurkan Layanan Nebeng Mobil

Niat baik Darno pun ternyata mendapatkan reaksi yang beragam dari para penumpangnya. Sebagian besar penumpang mempertanyakan alasan Darno. “Bapak aneh, tujuan nge-Grab tapi malah gak mau dibayar,” ujar salah satu penumpang seperti yang dikisahkan Darno. Ia hanya tersenyum dan menjawab, “Dibayarnya nanti saja di akhirat.”

Salah satu respon yang paling berkesan bagi Darno adalah saat ia mengantarkan seorang pegawai menuju kantornya. Ketika sampai di tempat tujuan, sang penumpang sempat kaget dan agak memaksa untuk membayar. Hingga akhirnya sang penumpang mencium tangan Darno dan menitikkan air mata karena tersentuh dengan jawaban Darno: “Saya tidak akan rugi, Bu. Tuhan yang akan bayar dan bayarnya nanti saja di akhirat.” Setelah itu, Darno pun mendapatkan pesan teks, “Terima kasih banyak, Mas. Semoga panjang umur.”

Darno bergabung sebagai mitra pengemudi GrabBike di Palangkaraya sejak bulan Juli 2018 lalu. Pria ini mengaku bahwa bergabung dengan Grab awalnya karena keisengan semata. Sejak mendengar cerita dari temannya yang telah lebih dulu menjadi mitra pengemudi Grab di Jakarta, niat Darno pun semakin mantap untuk bergabung menjadi mitra pengemudi Grab. 

Baca: Ingin Percepat Layanan, Tokopedia Gandeng Grab

Darno membagi waktu menjadi tukang bangunan sejak pagi hari dan mulai ngojek pada pukul lima sore. Selain itu, Darno mendapatkan banyak pengalaman baru dan senang bertemu pelanggan dengan watak yang beragam. “Saya banyak belajar memahami karakter orang ketika nge-Grab. Ada yang ramah memberikan senyuman, baik hati, walau ada juga yang kurang menyenangkan. Bagi saya, semua ini menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan,” ujar Darno.

Darno sangat bersyukur pula karena penghasilannya meningkat sehingga akhirnya ia dapat mengunjungi sang ibunda selama satu minggu untuk melepas rindu. “Berkat penghasilan dari Grab dan profesi saya sebagai tukang bangunan, saya dapat mengunjungi ibu saya di Banyumas kemarin selama seminggu. Alhamdulillah, ibu saya masih sehat,” ujar Darno.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi