Starter Sepeda Motor Ngadat, 4 Komponen Ini Perlu Diperiksa
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 8 Mei 2019 09:18 WIB
Panel starter sepeda motor. Sumber: suzuki.co.id
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika mau berangkat kerja tiba-tiba sepeda motor ngadat, bolak-balik tombol starter dipencet mesin tak mau nyala. Pada motor dengan kapasitas 150cc ke bawah masih ada engkol starter namun model diatas 150cc rata-rata produsen sudah meninggalkan engkol agar lebih praktis dan tentunya irit biaya produksi. Namun kondisi ini menyulitkan bagi pemilik motor jika starternya ngadat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Begini Cara Mengatasi Remot Keyless Honda PCX 150 yang Hilang

Seperti dikutip dari laman Suzuki, pemeriksaan pertama bisa dilakukan pada baterai accu. Jika baterai accu ditemukan kondisinya masih normal maka perlu dicari rentetan part lainnya. Yaitu:

1. Switch StarterSwitch starter merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya Anda pastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

2. BendikBendik berguna untuk memicu aliran listrik dari api yang nanti akan diumpankan ke dinamo starter. Jika bendik mengalami masalah kerusakan, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter, dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik komponen yang satu ini. Jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon/tidak ada suara apapun, maka Anda patut curiga masalahnya pada bendik.

Baca: Kencan Singkat dengan Motor Listrik Gesits, Terikan Bertenaga

3. Dinamo StarterKerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

4. Accu SoakJika seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, maka penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah, accu yang sudah soak. Tentu saja untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan accu lain yang masih bagus sebagai pemancing.

Jika accu sudah soak, solusinya dengan membeli accu baru (jika Anda menggunakan accu kering). Untuk accu basah bisa mengganti cairan accu kemudian menyetrumnya kembali.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi