Toyota Sienta Baru Dijual di Thailand Agustus Bareng Indonesia?
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 27 Juni 2019 09:17 WIB
Renderan Toyota Sienta 2018 yang akan dijual di Jepang akhir bulan ini. Sumber: indianautosblog.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Sienta facelift telah muncul di Jepang sejak September 2018. Kini, Thailand dikabarkan akan mendapatkan model facelift dari Indonesia sebagai basis perakitan Sienta di Asia Tenggara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca Juga: Fakultas Teknik UNY Bikin Mobil Listrik, Bisa Melaju 70 Kpj

Tampilan eksterior kemungkinan akan serupa dengan model di Jepang. Diantaranya, lampu depan baru, desain bumper depan baru, gril depan desain baru dan lampu belakang baru. Namun kabinnya akan mengikuti versi Indonesia yang berbeda dengan versi Jepang. Area tuas persneling di bagian bawah tidak menempel dengan dashboard depan. Karena Indonesia memiliki model transmisi manual yang dapat dipilih, oleh karena itu harus merancang satu set roda gigi baru di dek sasis sebagai gantinya.

Mesin akan mengandalkan model lawas yang dianggap masih mumpuni. Mesinnya berkapasitas 1,5 liter, dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT, penggerak roda depan. Mesin bensin DOHC 4 silinder dengan 16 katup, 2NR-FE, 1,5 liter, 1.496 cc dengan VVT-i ganda ini menghasilkan daya maksimum 108 tenaga kuda pada 6.000 putaran/menit. Torsi maksimum 140 Nm pada 4.200 rpm.

Di Indonesia, Toyota Sienta meluncur pada April 2016 dengan menawarkan 8 varian Sienta. Di antaranya 1.5 E M/T, 1.5 E CVT, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 V M/T, 1.5 V CVT, 1.5 Q CVT, dan New 1.5 Q CVT. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 234,1 juta sampai Rp 299,9 juta.

Baca Juga: Mesin Honda Genio Berubah Total dari Generasi Beat

Kehadiran Toyota Sienta facelift sempat diungkap Ketua Umum Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA), Nandang Sugianto, mobil bakal meluncur pertengahan tahun ini atau Juni 2019. Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan informasi yang ia dapatkan. "Jujur saya dapat informasi, tapi enggak tahu yah mudah-mudahan saya benar. Antara April atau Juni akan ada perubahan. Masih facelift saja," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, 5 Maret 2019.

Sedangkan untuk penjelasan lebih detil ubahan apa saja yang bakal ada di Toyota Sienta, Nandang belum bisa membeberkannya lebih jauh. Yang pasti, bagian depan mobil bakal berubah. "Facelift di depannya. Perubahan, jujur temen-temen yang melihat Sienta kaya panda kan. Ini perubahannya jadi lebih manis," tutur Nandang.

HEADLIGHTMAG | IMAM GHOZALI

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi