Kata Komunitas Soal Akselerasi Bawah Toyota Sienta Kurang Nonjok
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 7 Maret 2019 14:13 WIB
Japan Automobile Dealer Assosiation (JADA) awal Juli lalu merilis penjualan Toyota Sienta Januari - Juni 2016 sebanyak 61.054 unit.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Sienta dikeluhkan sejumlah pemilik karena tarikan mesin pada putaran bawahnya lemot. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Ribetnya Mengganti Mesin Kawasaki KLX 150 dengan Ninja 2-Tak

Ketua Umum (Ketum) Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA), Nandang Sugianto tidak menampik keluhan tersebut. Namun menurutnya hal tersebut wajar untuk mobil yang menggunakan transmisi Continous Variable Transmission (CVT) seperti Toyota Sienta, yang tujuannya menghemat konsumsi bahan bakar.

"Nah itu memang isu yang sangat tinggi ya seperti itu. Sebenarnya perubahan karakter saja orang bawa kendaraan karena CVT ini kan belum semua paham dan pakai," ujar Nandang kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 5 Maret 2019

Menurutnya hal tersebut hanya persoalan karakter pengguna mobil saja. Karena tidak semua orang menggunakan mobil dengan transmisi CVT. Rata-rata menggunakan transmisi otomatis konvensional.

Sedangkan CVT lanjut Nandang mengatakan, memang baiknya untuk kendaraan perkotaan. Namun kembali lagi ke karakter konsumen mobil di Indonesia, yang maunya mobil bisa juga digunakan ke daerah yang jalannya cukup ekstrim.

Baca: SUV VinFast asal Vietnam Kini Sejajar dengan Mobil Premium Eropa

"Kebanyakan orang pakai matik yang konvensional, nah CVT ini dia memang khusus perkotaan yah, tapi masyarakat kita kan maunya bisa dibawa ke daerah harus kuat dan segala macam harus kuat ditanjakan," lanjutnya.

"Kalau CVT ini memang ditarikan bawahnya soft, lembut, tapi di speed atasnya putaran atasnya luar biasa, nah itu yang tertutupi denhan kenyamanan saya di bagian atasnya," ucap Nandang.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi