Adu Fitur Renault Kwid Terbaru dan Datsun Go
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 3 Oktober 2019 13:08 WIB
Render Renault Kwid. Sumber: autocarindia.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaRenault Kwid hadir di India awal bulan ini dengan tampilan lebih fresh dan sporty. Renault Kwid mengambil desain dari salah satu line up mobil listrik yang dijual di Cina yaitu Renault K-ZE. Meski demikian, Kwid tidak meninggalkan desain awal sebagai mobil SUV imut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Renault Indonesia sebelumnya berencana membawa ke Indonesia. Jika masuk Indonesia, Kwid akan bermain di segmen LCGC hingga City Car. Diantara pesaingnya, adalah Datsun Go, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon.

Yang paling terlihat beda, Renault Kwid memiliki desain lampu depan mirip Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina baru. Hal ini memang wajar saja karena Renault, Mitsubishi dan Nissan berada dalam satu aliansi, sehingga desainnya bisa saling tukar. Lampu LED DRL berada di atas headlamp yang mengkukuhkan kesan modern. Gril khas Renault pun terlihat mewah.

 
Datsun GO+ Panca kini dilengkapi transmisi CVT. (Datsun)

Adapun Datsun Go mengadopsi desain sarang lebah dengan model headlamp lebih sederhana kalau tidak mau disebut konvensional. Tampilan Datsun Go memang tidak banyak berubah dibandingkan saat pertama kali keluar. Bedanya, Datsun ini telah menggunakan DRL LED yang dipasang di bumper samping dengan desain tegak.

Melirik bagian interior, Kwid terlihat lebih sporti dengan kabin yang lebih menyenangkan apalagi ada paduan warna kontras. Layar infotainment pun lumayan besar 8 inci sedangkan Datsun Go menggunakan layar 6,75 inci terasa mungil. Desain jok Kwid tidak jauh berbeda dengan mobil LCGC lainnya dimana sandaran kepala menyatu dengan kursi. Lagi-lagi, Renault memberikan kesan sporty dengan pengguanaan kombinasi hitam dan oranye.

Soal mesin, Kwid hanya mengandalkan mesin bensin SCe 0,8 liter yang meghasilkan tenaga 54 PS dan torsi 72 Nm dan mesin bensin SCe 1,0 liter menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 91 Nm. Mesin akan dikombinasikan dengan transmisi 5-speed MT atau 5-speed AMT. Sedangkan mesin Datsun lebih perkasa dengan kapasitas 1,2 liter tiga silinder tenaga 67 dk pada 5000rpm dan torsi 104 Nm pada 5000rpm, yang diyakini irit namun performa memadai.

Di India, Kwid baru dibanderol kompetitif untuk varian paling murah Rs 2,83 lakh atau kalau kurs saat ini sekitar Rp 56,5 juta. Adapun Kwid model saat ini dipasarkan Maxindo, mobil manual dijual dengan harga Rp 150 juta dan Rp 160 juta untuk varian matik. Sedangkan Datsun memasarkan All New Datsun GO ditawarkan mulai harga Rp 111,090 juta untuk varian D dengan transmisi manual. Sedangkan varian tertinggi Datsun GO Live dengan transmisi CVT dibanderol Rp 159,49 juta.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi