Peugeot 3008 Punya Fitur Canggih untuk Berkendara di Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 13 Desember 2019 09:52 WIB
Peugeot 3008 dan 5008 menjelajah Jakarta di malam hari, 21 September 2019.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki musim penghujan di Indonesia seiring dengan liburan di pengujung tahun 2019. Tidak usah khawatir, persiapkan diri dan kendaraan menghadapi musim hujam kali ini. Apalagi line up Peugeot terbaru, 3008 SUV dan 5008 SUV sudah dibekali fitur safety berteknologi untuk mengatasi musim hujan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejak hadir di tahun 2018, Peugeot 3008 SUV yang bermain di pasar SUV premium, menegaskan mobil berkarakter. Selain berpenampilan stylish, lapis kedua dari New Peugeot 3008 ini tetap memiliki kenyamanan khas mobil Eropa. Tentu dengan fitur dan teknologi terkini.

Hadirnya Peugeot 3008 SUV didukung fitur dan teknologi yang sama, terutama komponen pendukung kala turun hujan hingga saat melibas jalan yang licin. Sehingga pengemudi dan penumpang tetap nyaman diperjalanan.

Ada 4 fitur unggulan di Peugeot 3008 SUV yang jadi andalan mobil pabrikan Prancis itu. Antara lain seperti Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Electronic Stability Program (ESP) dan Advanced Grip Controle (AGC). Semuanya juga ada di New Peugeot 5008 dan sangat mudah saat akan difungsikan.

“Keempat fitur tersebut sangat mudah dioperasikan. Untuk Sensor Automatic Wiping dan Automatic Headlamp, pengemudi cukup mengatur posisi saklar pada tuas yang ada di balik setir. Pastikan diputar ke posisi automatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitupun ESP dan AGC yang saklarnya ada di cockpit, ketika mobil akan melitas trek berlumpur atau bersalju,” kata Samsudin, Aftersales Support PT Astra International, dalam keterangan resmi yang diterima Tempo, Jumat, 13 Desember 2019.

Lalu seperti apa sih kinerja serta fungsi dari fitur dan tekologi yang disematkan pada Peugeot 3008 SUV? Apalagi semuanya terbukti fokus mendukung mobil yang sedang berkendara di saat akan atau sedang turun hujan. Sensor Automatic Wiping (SAW) Fitur ini merupakan peranti andalan dari Peugeot 3008 SUV juga New Peugeot 5008 SUV. Adapun fungsi SAW yaitu mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama di saat mobil terkena rintikan air hujan. Tentu fitur SAW akan berfungsi jika sakelar wiper di tuas sebelah kiri kemudi, sudah di posisi Auto.

“Yang menarik, bilamana sudah mengaktifkan fungsi SAW, pengemudi tidak perlu lagi mengatur kecepatan wiper bila curah hujan semakin deras. Karena lewat SAW kecepatan wiper sudah disesuaikan dengan curah hujan yang turun, juga kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan. Alhasil jarak padang ke depan tetap sempurna,” kata dia. Automatic HeadlampFungsi SAW pada Peugeot 3008 SUV makin sempurna begitu didukung Automatic Headlamp (AH). Karena pada saat akan atau turun hujan, intensitas cahaya di sekitar pun ikut berkurang. 

Sehingga dibutuhan penerangan agar jarak pandang pengemudi tidak terganggu. Makanya dengan mengaktif sekelar Auto AH di tuas sebelah kanan, pada saat intensitas cahaya menurun atau redup, otomatis lamp akan nyala.

Electronic Stability Program (ESP)Selain kedua fitur di atas, Peugeot 3008 SUV juga didukung sistem pengereman berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD) dan Emergency Break Assist (EBA). Fitur yang menjadi andalan saat ini adalah, adanya teknologi Electronic Stability Program (ESP) juga Advanced Grip Control (AGC).

“Fungsi ESP adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer berpadu teknologi Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control dengan pilihan 5 Grip Level yaitu Normal, Snow, Mud, Sand, dan ESP OFF. Grip level ini dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang ada di tengah console dashboard,” ujarnya.

Advanced Grip ControlFitur ini berfungsi untuk memberikan pilihan settingan mobil saat hendak melewati berbagai medan jalan yang akan dilalui. Dengan kata lain, meski berpenggerak 2-wheel drive, tetapi mobil ini diklaim memiliki kemampuan layaknya 4-wheel drive.

Dalam fitur Advanced Grip Control, pengemudi dapat memilih jenis medan yang akan dilalui, seperti normal, salju, pasir, tanah berlumpur atau ESP off. Setelah memilih jenis medan jalan yang akan dilalui, nantinya fitur Advanced Grip Control akan bekerja menyesuaikan antara putaran mesin dan gearbox demi menjaga momentum mobil saat akan melaju.

“Selain itu, fitur ESP yang tersemat di Peugeot 3008  ini juga akan membantu mobil saat melalui medan jalanan berat,” tutur dia. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi