Peugeot Setop Jualan di Indonesia, Komunitas Khawatirkan Ketersediaan Suku Cadang
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 4 Mei 2024 17:00 WIB
Mobil konsep Peugeot, dihadirkan teknologi update. (Foto: Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Komunitas Jakarta Peugeot Club (JPC) memberikan komentar terkait hengkangnya merek Peugeot dari pasar otomotif Indonesia. JPC mengaku khawatir terkait layanan purna jual mobil Peugeot pasca berhentinya penjualan merek tersebut di Tanah Air.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Tentu menjadi kekhawatiran bagi teman-teman pengguna Peugeot adalah terkait ketersediaan suku cadang di masa mendatang. Meskipun memang dari pihakAstra sudah menjamin akan tetap memberikan pelayanan aftersales, tetap saja kekhawatiran itu sulit kita hilangkan, mengingat Peugeot sendiri merupakan segmen niche market di Indonesia,” kata Presiden JPC Muhtad Wassil dalam pernyataan resminya kepada Gooto pada hari ini, Sabtu, 4 Mei 2024.

Muhtad, mewakili komunitas JPC, menyayangkan pamitnya merek Peugeot dari Indonesia, terlebih pabrikan mobil Prancis ini telah berkiprah di pasar otomotif Tanah Air selama 52 tahun.

"Merek Peugeot ini sangat lama hadir di Tanah Air dan digemari banyak pecinta otomotif, serta kami secara komunitas pun sudah sangat lama bekerja sama dengan Astra Peugeot dalam berbagai acara komunitas," ujarnya. 

Kendati demikian, Muhtad mengatakan bahwa pihaknya tetap menghormati keputusan Astra Internasional dan pihak prinsipal merek Peugeot, Stellantis, yang memilih mengakhiri kerja sama mereka di Indonesia. JPC berharap ke depannya merek Peugeot bisa kembali lagi ke pasar otomotif Tanah Air.

"Saya mewakili teman-teman pecinta Peugeot juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Astra International karena telah sangat lama memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap eksistensi merek Peugeot di Indonesia serta turut andil dalam berbagai kegiatan Jakarta Peugeot Club sejak dahulu. Saya juga berharap ke depannya, merek Peugeot dapat kembali lagi berkiprah di Tanah Air, entah itu di bawah Stellantis langsung atau melalui keagenan lokal lainnya,” ucap Muhtad memungkasi.

Sebelumnya, Peugeot menyatakan hengkang dari pasar otomotif Indonesia. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Chief Executive Officer PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation, Rokky Irvayandi.

"Benar (Peugeot setop penjualan di Indonesia), per surat resmi dikirimkan ke customer, kemarin (2 Mei 2024)," kata Rokky saat dihubungi Gooto, Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut Rokky Irvayandi, keputusan Peugeot menghentikan penjualannya di Indonesia ini berdasarkan keputusan dari pihak prinsipal, yakni Stellantis. Keputusan ini disebut merupakan bagian dari strategi bisnis Stellantis.

"Ini bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di kawasan ASEAN. Astra menghargai keputusan tersebut," ucap Rokky.

Pilihan Editor: Pemain Timnas Indonesia U-23 Dapat Harga Khusus jika Ingin Beli Mobil Toyota

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi