Peugeot Hengkang dari Indonesia, Ternyata Ini Alasannya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 3 Mei 2024 09:23 WIB
Kabin Peugeot E-5008. (Foto: Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pabrikan mobil asal Prancis, Peugeot menyatakan hengkang dari pasar otomotif Indonesia. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Chief Executive Officer PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation, Rokky Irvayandi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Benar (Peugeot setop penjualan di Indonesia), per surat resmi dikirimkan ke customer, kemarin (2 Mei 2024)," kata Rokky saat dihubungi Gooto pada hari ini, Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut Rokky Irvayandi, keputusan Peugeot menghentikan penjualannya di Indonesia ini berdasarkan keputusan dari pihak prinsipal, yakni Stellantis. Keputusan ini disebut merupakan bagian dari strategi bisnis Stellantis.

"Ini bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di kawasan ASEAN. Astra menghargai keputusan tersebut," ucap Rokky.

Meski sudah tidak berjualan lagi di Indonesia, Astra sebagai Authorized Peugeot Service Center tetap menjamin layanan purna jual bagi pemilik mobil Peugeot di Tanah Air. Ada empat bengkel resmi Peugeot yang bakal tetap beroperasi melayani konsumen, yakni Peugeot Sunter Jakarta, Peugeot Cilandak Jakarta, Peugeot Solo, dan Peugeot Surabaya.

"Kami berkomitmen memberikan layanan after sales termasuk perawatan, perbaikan kendaraan, klaim warranty, hingga jaminan ketersediaan suku cadang, dengan level pelayanan yang sama seperti sebelumnya. Layanan home service juga masih tetap berlaku seperti biasanya," ujar Rokky Irvayandi. menjelaskan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Peugeot mulai menurunan di tahun 2023, penjualan wholesales pabrikan mobil Prancis ini tercatat sebanyak 199 unit. Bila dibandingkan tahun 2022, penjualannya turun dua kali lipat lebih, yakni sebanyak 451 unit.

Sementara itu, di tahun ini, Peugeot hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 28 unit, selama periode Januari-Maret 2024.

Pilihan Editor: Tingkatkan Penjualan, Astra Peugeot Luncurkan Program Tukar Tambah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi