Bus Mewah Buatan Laksana Serasa Naik Pesawat Terbang
Reporter: Wira Utama
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 7 Maret 2020 09:29 WIB
Kabin bus mewah buatan Karoseri Laksana. Didesain semewah seperti kabin di pesawat kelas bisnis. 6 Maret 2020. TEMPO/Wira Utama
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBus mewah buatan karoseri Laksana ikut mejeng di GIICOMVEC 2020 memiliki kabin yang mewah. Bus dua tingkat ini memiliki kabin yang bisa untuk tiduran. Tak hanya itu, fitur-fitur yang tersedia juga dapat memanjakan penumpang. Seperti dua colokan USB, TV layar sentuh, dan jaringan Wi-Fi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sejak diluncurkan di GIIAS 2019, karoseri ini sudah dipakai sejumlah P.O. mulai dari Jawa, Kalimantan sampai Sulawesi," ujar Sales Marketing Laksana, Danang saat ditemui, Jumat, 6 Maret 2020.

Memang belum terlalu banyak, kata Danang, karena produksinya masih bertahap. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan untuk merampungkan satu unit bus mewah dengan karoseri SR2 Suite Class ini.

Bus mewah buatan Karoseri Laksana di GIICOMVEC 2020, 6 Maret 2020. TEMPO/Wira Utama

Lebih lanjut, Danang menyatakan bahwa Karoseri SR2 Suite Class merupakan varian tertinggi dari Laksana saat ini. Karoseri ini kata dia juga bosa kompatibel dengan berbagai sasis.

"Untuk sasis kita bisa pake Hino, Mercedes-Benz, Scania, dan Volvo,"ujarnya.

Untuk harga sendiri tergantung dengan permintaan dari konsumen. Namun, kata Danang, biayanya tidak akan kurang dari Rp 1 miliar. Harga itu, hanya untuk pembuatan karoseri.

"Bodi dan kabin bisa sampai Rp 1 miliar. Tapi semuanya menyesuaikan spek juga. Konsumen minta fasilitas apa. Misalnya per kabin, mau pake audio dan TV atau tidak. Mau pake toilet atau tidak. Yang jelas untuk SR2 maksimal 21 penumpang,"ujarnya.

Layar monitor yang menghadirkan hiburan terpasang di depan setiap tempat duduk bus mewah buatan Karoseri Laksana. TEMPO/Wira Utama

Dari pantauan Tempobus mewah ini memang memiliki kabin yang lega. Penumpang yang tingginya tidak lebih dari 170 cm kemungkinan besar bisa tidur tanpa khawatir kakinya terbentur dengan kursi di depan.

Adapun catatannya, adalah kursi di tingkat kedua. Untuk sebagian orang, kemungkinan akan mengalami kesulitan saat akan naik. Selebihnya, harus diakui kabinnya sangat nyaman. Cocok buat rebahan saat perjalan jarak jauh. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi