Corona, Honda-Toyota Indonesia Siapkan Opsi Bekerja dari Rumah
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 16 Maret 2020 09:29 WIB
Perakitan bodi mobil di Pabrik Karawang Plant II PT Toyota Motor Manufacturing, Karawang, Jawa Barat, 8 Desember 2016.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Business Innovation and Sales Marekting Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menyampaikan bahwa bekerja dari rumah menjadi salah satu pertimbangan yang sedang dipelajari terkait virus corona.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Karena situasi berubah setiap saat, kami terus memonitor perkembangannya sehingga kami dapat melakukan tindakan secara cepat dan tepat,” kata Billy saat dihubungi Tempo, Senin, 16 Maret 2020.

Menurut Billy, perusahaan telah melakukan langkah preventive untuk meminimalisasi penyebaran virus corona seperti pengecekan temperatur kepada setiap karyawan yang masuk. “Termasuk di antaranya memonitor mereka yang merasa tidak sehat atau menunjukkan gejala sakit, disarankan untuk tidak masuk bekerja,” ujar dia.

Billy menambahkan bahwa perusahaan juga telah melakukan screening untuk tamu yang datang serta membatasi perjalanan dinas. Perusahaan, lanjut dia, sebisa mungkin akan menggunakan teleconference meeting untuk koordinasi internal. “Pada dasarnya kami mengikuti langkah-langkah pencegahan berdasarkan arahan dari pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan membahas langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona setelah imbauan untuk bekerja dari rumah oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu, 15 Maret 2020.

“Pengumuman dari pemerintah baru kemarin (Minggu, 15 Maret). Hari ini kami bahas bagaimana mengimplementasikannya,” kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN saat dihubungi Tempo, Senin, 16 Maret 2020. 

Menurut Bob, sejak beberapa pekan terakhir TMMIN telah melakukan beberapa langkah untuk meminimalisasi penyebaran virus corona di lingkungan kantor pusat maupun di pabrik. Di antaranya adalah mengurangi kegiatan dan pergerakan orang atau pekerja, meniadakan meeting dan kegiatan di luar kantor, termasuk gathering. 

Bob menambahkan bahwa saat ini produksi di pabrik masih berjalan dengan normal meski dihantui virus corona. “Produksi aman, tapi yang menjadi fokus kami saat ini adalah bagaimana membantu pemerintah untuk menjaga agar virus corona tidak menyebar,” ujar dia. 

Sementara itu, PT Toyota Astra Motor, Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia, menyampaikan akan membahas penanganan terkait COVID-19. "Hari ini masih masuk seperti biasa untuk koordinasi mengenai COVID-19," ujar Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy. 

"Salah satu opsinya adalah bekerja dari rumah." 

Presiden RI Joko Widodo pada Minggu, 15 Maret 2020, menghimbau untuk bekerja dari rumah sebagai langkah meminimalisasi penyebaran virus corona.  

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi