Memahami Teknologi Tertinggi ASA yang Dipakai Daihatsu Rocky
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 30 April 2021 16:21 WIB
Daihatsu Rocky Toyot

GOOTO.COM, JakartaDaihatsu Rocky menggunakan fitur keamanan berteknologi ASA (Advanced Safety Assist) dalam produknya. Itu dijelaskan secara langsung oleh pihak produsen dalam acara peresmian produk terbaru Daihatsu pada Jumat, 30 April 2021.

Selain menggunakan fitur spesial dan interior mewah, Daihatsu Rocky ini juga menghadirkan teknologi ASA, yang merupakan teknologi keamanan tertinggi di kelasnya. Nantinya, pengendara bakal merasa lebih aman.

Marketing Product Planning Fivision Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi menjelaskan bahwa teknologi ASA ini memiliki beberapa fungsi krusial.

“ASA itu kan fitur keselamatan terkini. Baik di Jepang, Malaysia, ataupun Indonesia, kita sudah menggunakan Daihatsu ASA. Di Indonesia sendiri tersedia varian Rocky yang sudah dilengkapi dengan ASA,” katanya dalam acara peluncuran Daihatsu Rocky.

Lebih lanjut, Anjar menjelaskan bahwa teknologi ASA dalam tubuh Daihatsu Rocky Indonesia ini memiliki perbedaan dengan produk Jepang dan Malaysia.

“Adapun perbedaan fungsi dari ASA yang ada di Jepang, Malaysia dan Indonesia. Untuk pasar Jepang dan Malaysia, ada 12 fungsi. Sedangkan di Indonesia ada enam fitur unggulan, yakni pre-collision warning, pre-Collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning dan lane departure prevention,” jelas Anjar.

Pre-Collision Warning adalah salah satu fitur kemanan yang bertugas untuk mendeteksi adanya risiko tabrakan di area depan. Sensornya akan berbunyi jika sistemnya mendeteksi ada kendaaraan, orang atau benda di depan mobil.

Apabila mobil Anda sudah tidak ada penghalang lagi di depan, maka teknologi ASA Front Departure Alert akan memberitahu dengan mengeluarkan peringatan suara. Pengendara pun bisa berjalan lagi dengan nyaman.

Tipe selanjutnya dalam teknologi ASA ada pre-Collision braking, yang nantinya bakal melakukan pengereman secara otomatis dalam kecepatan tertentu. Jenis ini hampir sama dengan Pedal Misoperation Control, yang bekerja untuk mengaplikasikan rem ketika Ana tak sengaja menginjak pedal gas penuh secara mendadak.

Sementara itu, fungsi Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention hampir sama, di mana teknologi ini akan mengindari pengemudi untuk keluar jalur. Lane Departure Warning nantinya akan memberikan peringatan jika mobil Daihatsu Rocky Anda keluar jalur.

Sedangkan Lane Departure Prevention bakal memberikan daya koreksi ringan di setir, apabila si sopir keluar jalur secara mendadak. Dengan sejumlah fungsi di atas, maka teknologi ASA ini membuat pengendara lebih aman dua kali lipat.

Anjar sendiri menjabarkan bahwa fungsi utama ASA ini adalah menjaga kendaraan dan pengemudi tetap aman dan terhindar dari bahaya. Dengan begitu, mereka yang mengemudikan Daihatsu Rocky bakal meminimalisir adanya kecelakaan fatal.

“Jadi dengan fitur keselamatan terkini ini, tentunya bisa lebih memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara. Fungsi dari ASA ini pada prinsipnya adalah untuk meminimalisasi potensi bahaya. Karena ASA ini bisa mendeteksi objek-objek yang ada di sekitar mobil dan melakukan peringatan ataupun kontrol untuk menghindari kendaraan lain,” tutupnya.

Daihatsu Rocky sendiri saat ini sudah bisa dipesan di dealer terdekat. Diketahui bahwa mobil berteknologi Advanced Safety Assist (ASA) ini dibanderol dengan harga sebesar Rp214,4 juta sampai Rp236,1 juta.

Baca: Melihat Fitur Spesial dan Interior Mewah Daihatsu Rocky

#Daihatsu Rocky
#Advanced Safety Assist
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu
#Daihatsu
#Teknologi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi