Tips Bikers Merawat Rantai Motor, Begini Penjelasan Astra Honda Motor
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 24 Juni 2021 17:51 WIB
Ilustrasi rantai sepeda motor. 20 September 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaRantai motor salah satu komponen penting pada sepeda motor bebek, termasuk tipe sport. Rantai roda meneruskan daya kinerja mesin ke roda belakang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor," ujar tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno hari ini, Kamis, 24 Juni 2021.

Berikut tips merawat rantai roda agar sepeda motor menghasilkan kinerja yang maksimal dan nyaman dari Astra Honda Motor:

1. Kenali Bagian RantaiPelajari bagian-bagian rantai roda. Rantai motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda).

Perhatikan juga pemilihan jenis rantai. Terdapat perbedaan ukuran rantai sepeda motor bebek dan sport, baik panjang maupun lebar roller link.

2. Jarak Main BebasJarak main bebas rantai roda penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal sepeda motor.

Para pengguna motor dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera para stiker di cover kotak rantai.

Tips lain dari Honda adalah dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna motor harus memastian motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral. Kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil.

Terakhir, menurut Astra Honda Motor, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sprocket.

“Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat,” kata Endro Sutarno.

3. Gunakan PelumasSebelum memberikan pelumas pada rantai motor, Astra Honda menyarankan para bikers perlu melakukan pembersihan rantai. Pembersihan dilakukan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan disikat menggunakan sikat kecil.

Lakukan pengeringan menggunakan kain kering pada seluruh bagian rantai. Dalam pembersihan, hindari menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar.

Setelah selesai dibersihkan, rantai diberi pelumas khusus. Tips terakhir, berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate.

“Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin," kata Endro dari PT Astra Honda Motor.

Baca: 7 Langkah Perawatan Gir dan Rantai Sepeda Motor

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi