3 Tips Merawat Rantai Motor Agar Awet
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 27 Oktober 2022 06:12 WIB
Ilustrasi rantai motor sport atau moge. Shutterstock
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Rantai motor berperan sebagai penggerak pada sepeda motor transmisi manual. Gaya gerak sepeda motor terjadi karena daya mesin yang diteruskan ke roda belakang melalui rantai dan gear sprocket depan serta belakang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika berkendara rantai motor harus bekerja dengan baik agar performa dan kenyamanan tercapai. Nah, performa rantai akan menurun seiring pemakaian.

Maka diperlukan perhatian dan perawatan rantai motor. Berikut 3 tips merawat rantai motor agar lebih awet menurut laman Wahanahonda, dikutip hari ini, kamis, 27 Oktober 2022.

1. Perhatikan Ketegangan rantai sepeda motorSemakin jauh perjalanan maka akan semakin berat pula kerja rantai motor. Hal ini bisa membuat rantai menjadi kendor. Untuk itu diperlukan penyetelah, usahakan rantai sepeda motor jangan terlalu tegang atau terlalu kendur.

2. Bersihkan rantai secara rutinRantai sepeda motor merupakan bagian motor yang mudah kotor. Maka dari itu diperlukan untuk membersihkannya secara rutin. Menjaga dan merawat kebersihan rantai ini bisa memperpanjang usia rantai. Selain itu, bisa juga menjaga rantai agar terhindar dari karat.

3. Berikan PelumasSepeda motor yang melaju akan mengalami gesekan pada rantai dengan gear motor. Untuk itu diperlukan pelumas rantai untuk mengurangi gesekan tersebut. Hindari pemakaian oli bekas, karena bisa menimbulkan kerusakan dan membuat rantai motor tidak tahan lama.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA | JOBPIE

Baca: Tips Perawatan Rantai Motor Khusus Moge dan Motor Sport

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi