Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Ciptakan Baterai Motor Listrik Swappable
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 9 September 2021 06:30 WIB
Petugas memasang dua baterai sebagai sumber energi sepeda motor listrik Honda PCX saat uji coba di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, 24 Februari 2021. Program pinjam pakai 22 unit sepeda motor listrik yang ditujukan sebagai kendaraan operasional ASN ini guna mendorong keberadaan kendaraan listrik yang dapat mengurangi polusi di Kota Bandung. TEMPO/Prima Mulia

GOOTO.COM, Jakarta - Pada Maret 2021, empat pabrikan besar membentuk sebuah konsorsium baterai motor listrik yang dapat dilepas alias swappable. Keempat pabrikan tersebut adalah Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio.

Melansir laman Rideapart hari ini, Kamis, 9 September 2021, konsorsium tersebut dibentuk dengan tujuan menyetujui seperangkat standar baterai motor listrik yang akan dipatuhi mereka. Proyek ini sendiri sudah berjalan sejak Mei lalu.

Saat ini, Piaggio secara resmi mengumumkan keempat perusahaan itu akan bergerak maju untuk menandatangani perjanjian resmi. Nantinya proyek ini akan diberi nama Konsorsium Sepeda Motor Swappable Batteries.

"Konsorsium Sepeda Motor Swappable Batteries di Eropa akhirnya siap untuk mulai bekerja. Saya berharap bahwa langkah pertama ini akan menjadi suar yang menarik pihak-pihak dengan misi mengarah pada perubahan transformatif untuk masa depan," kata senior executive officer Yamaha Motor Company Limited dan chief general manager operasi bisnis mobilitas darat, Takuya Kinoshita.

Sementara Chief Officer Honda Motor Company Limited, Yoshishige Nomura mengatakan bahwa kehadiran konsorsium ini diharapkan dapat menyelesaikan beberapa tantangan dalam mengadopsi era sepeda motor listrik yang lebih luas.

"Konsorsium ini akan bekerja sama menuju standarisasi baterai yang dapat ditukar, sistem pengisian daya, dan infrastruktur sekitarnya untuk menciptakan lingkungan penggunaannya," jelas Nomura.

Ada empat rencana besar dari pembentukan Konsorsium Sepeda Motor Swappable Batteries ini. Pertama, mengembangkan spesifikasi teknis umum untuk sistem baterai swappable. Kemudian yang kedua adalah mengonfirmasi penggunaan umum sistem tersebut.

Rencana ketiga konsorsium ini adalah membuat dan mempromosikan spesifikasi yang disepakati sebagai standar Eropa dan Internasional. Lalu rencana terakhir, mereka akan memperluas spesifikasi yang disepakati untuk diadopsi secara global.

Baca: Konsorsium Standar Baterai Motor Listrik Mulai Efektif Mei 2021

DICKY KURNIAWAN | RIDEAPART

#Baterai Motor Listrik
#Baterai
#Honda
#Yamaha
#KTM
#Piaggio

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi