Yadea Berencana Bikin Pabrik Baterai Motor Listrik di Indonesia
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 14 Mei 2024 08:00 WIB
Line-up motor listrik Indomobil Yadea yang terdiri dari T9, E8S Pro dan G6. (Foto: Yadea)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yadea Indonesia resmi memulai pembangunan pabrik barunya yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat pada Senin, 13 Mei 2024. Setelah pabrik motor listrik ini dibuat, Yadea juga berencana untuk membuat pabrik baterai motor listrik di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Baterai akan dibuat di tempat terpisah produksinya. Sudah ada rencana, di Indonesia," ujar General Manager PT Yadea Teknologi Indonesia, Wang Jinlong dalam acara Groundbreaking pabrik Yadea di Karawang, Senin, 13 Mei 2024.

Namun, Wang tidak menjelaskan kapan perkiraan pabrik baterai Yadea akan dibangun di Indonesia. Wang juga mengatakan bahwa baterai yang diproduksi di pabrik baru itu nantinya adalah baterai swap dan baterai permanen.

Pabrik yang saat ini tengah dibangun merupakan pabrik produksi motor dan sepeda listrik Yadea. Namun, di tahap awal, pabrik ini nantinya baru akan memproduksi sepeda listrik.

"Untuk produksi sepeda listrik saat ini kami ada tiga model, kemudian untuk yang motor listrik saat ini kami masih produksi di pabrik rekanan kami," ujar Wang.

Untuk diketahui, pabrik ini memiliki luas 270.000 meter persegi dan diproyeksikan memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 3 juta unit. Total investasi untuk fasilitas ini dari tahun 2024 hingga 2028 adalah sebesar US$ 150 juta.

Sekedar informasi, pabrik ini menggunakan jalur perakitan otomatis dan pengelasan robotik yang diklaim dapat menghasilkan motor listrik hanya dalam waktu 35 detik. Yadea menggunakan peralatan khusus dan sistem inspeksi yang komprehensif untuk memastikan kualitas motor listrik tetap terjaga.

Untuk sistem kontrol kualitas, dilibatkan tampilan sampel standar dan sampel yang rusak, sehingga menumbuhkan pemahaman yang mendalam pada setiap stasiun kerja. Sistem konveyor otomatis meminimalkan risiko transportasi, dan pemeriksaan 100 persen sebelum pengiriman ke konsumen.

Pilihan Editor: Jorge Martin Juara MotoGP Prancis, Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi