Pembangunan Pabrik Yadea di Karawang Dimulai, Beroperasi Tahun 2026
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 13 Mei 2024 13:25 WIB
Acara Groundbreaking PT Yadea Teknologi Indonesia. (Foto: Gooto/Dicky Kurniawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yadea Indonesia memulai pembangunan pabrik barunya yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan seremoni peletakan batu pertama yang berlangsung pada hari ini, Senin, 13 Mei 2024. Pabrik ini dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Langkah strategis ini secara efektif memenuhi permintaan yang terus meningkat akan kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi di pasar Indonesia,” kata General Manager PT Yadea Teknologi Indonesia, Wang Jinlong dalam acara Groundbreaking pabrik Yadea di Karawang pada hari ini.

Pabrik ini memiliki luas 270.000 meter persegi dan diproyeksikan memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 3 juta unit. Total investasi untuk fasilitas ini dari tahun 2024 hingga 2028 adalah sebesar US$ 150 juta.

Fasilitas produksi Yadea ini mengintegrasikan sistem surveyor gantung perintis untuk produksi real-time dan sesuai permintaan. Kemudian pabrik ini juga menggunakan jalur perakitan otomatis dan pengelasan robotik yang diklaim dapat menghasilkan motor listrik hanya dalam waktu 35 detik.

Yadea menggunakan peralatan khusus dan sistem inspeksi yang komprehensif untuk memastikan kualitas motor listrik tetap terjaga. Yang menjadi perhatian adalah sistem injeksi oli mangkuk baja untuk pelumasan yang konsisten dan penggunaan kunci pas torsi untuk integritas komponen yang aman.

Untuk sistem kontrol kualitas, dilibatkan tampilan sampel standar dan sampel yang rusak, sehingga menumbuhkan pemahaman yang mendalam pada setiap stasiun kerja. Sistem konveyor otomatis meminimalkan risiko transportasi, dan pemeriksaan 100 persen sebelum pengiriman ke konsumen.

Pendirian pabrik baru ini juga diharapkan dapat menciptakan 3.000 lapangan pekerjaan baru, mendorong pengembangan rantai industri terkait, dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan. Pabrik baru ini tidak hanya akan melayani pasar domestik tetapi juga mengekspor produk ke negara-negara tetangga.

Pilihan Editor: Yadea Berikan THR Rp 2 Jutaan untuk Pembelian Selama Bulan Ramadan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi