Rekan Setim Andi Gilang Didiskualifikasi dari Moto3 San Marino
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 19 September 2021 16:40 WIB
Alberto Surra menabrak Yuki Kunii (depan). (Foto: Moto3)

GOOTO.COM, Jakarta - Rekan setim Andi Gilang di Honda Team Asia, Yuki Kunii didiskualifikasi dari seri balapan Moto3 San Marino yang berlangsung hari ini, Minggu, 19 September 2021. Itu terjadi ketika dirinya terlibat dalam insiden crash dengan Alberto Surra (Rivacold Snipers Team) di latihan bebas ketiga (FP3).

Kunii terlihat melambat di racing line yang menyebabkan Surra menabrak bagian belakang motor pembalap asal Jepang tersebut dan terlempar ke gravel trap. Insiden ini pun membuat Surra harus mendapatkan perawatan medis.

Bendera merah pun akhirnya dikibarkan setelah insiden yang melibatkan Kunii dan Surra di tikungan ke-11. Mengingat, Surra harus dibawa ke Medical Centre dengan menggunakan ambulans.

Dalam insiden ini, Kunii dianggap sebagai pembalap yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Berdasarkan hasil investigasi steward, Kunii rupanya melanggar aturan, di mana ia melambat di racing line.

“Hal ini bertentangan dengan instruksi khusus yang diberikan kepada semua tim/kompetitor, dan dianggap berkendara yang tidak bertanggung jawab yang dapat membahayakan kompetitor lain. Oleh karena itu merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 Regulasi FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix,” bunya pernyataan FIM MotoGP.

Atas dasar itu, Kunii pun akhirnya didiskualifikasi dari Moto3 San Marino 2021. Akan tetapi, Honda Team Asia melakukan banding dan tidak terima dengan keputusan tersebut.

“Saya tidak bisa melaju cepat dan saya tidak punya kecepatan. Bendera merah ganda di FP3 menghancurkan saya. Saya merasa siap untuk meningkatkan waktu putaran saya dari balapan saya, tetapi akhirnya, saya tidak bisa. Saya tidak siap dan saya sangat gugup tentang banyak hal,” kata Kuni dikutip dari laman resmi Honda Racing.

Baca: Andi Gilang Sebut P20 Jadi Start Terbaik di Moto3 San Marino

MOTOGP | HONDA RACING

#Moto3
#San Marino
#Andi Gilang
#Honda Team Asia
#Crash

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi