Akhir Pekan Ini Balap Formula 1 Digelar di Turki, Live di TV O Channel
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 6 Oktober 2021 11:32 WIB
Pembalap Lewis Hamilton menjadi yang pertama mencapai garis finis balapan F1 GP Turki di Istanbul Park, Istanbul, Turki, Ahad, 15 November 2020. REUTERS/Tolga Bozolgu

GOOTO.COM, Jakarta - Balap mobil Formula 1 seri ke-16 akan digelar di Istanbul Park, Turki, 8-10 Oktober 2021. Rivalitas Lewis Hamilton (Mercedes) Vs Max Verstappen (Red Bull) dipastikan akan semakin panas. Kedua pembalap ini hanya berselisih 2 poin. Hamilton berada di puncak klasmen sementara dengan total 246,5 poin, sedangkan Verstappen di posisi kedua dengan total 244,5 poin.

Sesi latihan bebas pertama dan kedua (FP1/FP2) akan digelar pada hari Jumat, 8 Oktober 2021. Di hari Sabtu, 9 Oktober 2021, dilangsungkan FP3 dan sesi kualifikasi. Sedangkan balapan digelar pada Minggu, 10 Oktober 2021. Kabar baiknya, sesi kualifikasi akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi O Channel pada pukul 19.00 WIB. Dan balap pada Minggu akan disiarkan secara langsung pada pukul 19.00 WIB.

Turki kembali ditunjuk sebagai tuan rumah balap F1 sejak musim 2020, ini adalah kali pertama Istanbul Park menggelar balap jet darat setelah terakhir kali pada 2011. Musim lalu, Turki muncul sebagai tuan rumah balap F1 setelah F1 dan FIA membatalkan seri di Kanada dan Singapura karena pandemi Covid-19.

Hamilton tampil sebagai juara pertama setelah menyelesaikan 58 putaran dalam cuaca basah. Posisi kedua adalah Sergio Perez yang ketika itu masih membela Racing Point BWT Mercedes (kini merupakan rekan satu tim Verstappen di Red Bull). Podium ketiga diamankan Sebastian Vettel (Ferrari). Sedangkan Verstappen hanya finis di posisi ke-6.

Yang menarik, musim lalu Hamilton dengan Mercedes-nya tampil cukup superior di GP Turki. Ia menyelesaikan balapan dalam waktu 1 jam 42 menit dan 19,313 detik. Perez yang berada di belakangnya terpaut cukup jauh, +31,633 detik. Sedangkan Vettel tertinggal +31,960 detik.

Namun demikian, rivalitas Hamilton Vs Verstappen sudah menjadi tontonan menarik sejak sesi latihan bebas pertama hingga kualifikasi. Cuaca hujan, kering, dan hujan membuat pertunjukan penuh drama. Di sesi latihan bebas, Verstappen mendominasi waktu tercepat. Sedangkan Hamilton tercecer di belakang.

Masuk sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start, Verstappen masih konsisten di barisan depan. Pembalap asal Belanda mencatat waktu tercepat kedua di bawah Lance Stroll (Racing Point BWT Mercedes). Sedangkan Hamilton berada di posisi 6.

Saat balapan, cuaca basah membuat seluruh pembalap kesulitan. Verstappen mengalami spin di lap 18 dan posisinya melorot. Sedangkan Hamilton, perlahan tapi pasti mampu tampil di depan dan menyentuh garis finis terlebih dahulu. Di seri ini Hamilton sekaligus mengunci gelar juara dunia F1 musim 2020.

Melihat performa mobil Red Bull yang cukup agresif di musim ini, bukan tidak mungkin akan tersaji duel sengit antara Verstappen Vs Hamilton. Apalagi jika balapan digelar dalam cuaca kering sehingga kedua pembalap mampu menampilkan performa terbaiknya.

Ikuti terus update informasi terkini seputar F1 GP Turki di Gooto.com.

Baca juga: Mercedes Ungkap Kerusakan Mobil Lewis Hamilton Usai Ditabrak Verstappen

#Formula 1
#Lewis Hamilton
#Max Verstappen
#O Channel
#F1
#Red Bull
#Mercedes

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi