FIA Rilis Kalender Formula 1 Musim 2022, Ada 23 Balapan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 18 Oktober 2021 12:11 WIB
Mobil Pembalap Red Bull, Max Verstappen melewati garis finis untuk memenangkan balapan F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort, Belanda, Ahad, 5 September 2021. REUTERS/Piroschka Van De Wouw

GOOTO.COM, Jakarta - Federation Internationale de l'Automobile atau FIA telah merilis kalender Formula 1 (F1) untuk musim 2022. Musim baru ini akan menjadi musim F1 terpanjang dengan total 23 balapan yang sudah dijadwalkan.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Senin, 18 Oktober 2021, balapan pembuka F1 2022 akan digelar di Bahrain pada 20 Maret dan akan ditutup di Abu Dhabi pada 20 November 2022. Kalender musim baru ini merupakan perubahan besar dari balapan pembuka yang biasanya dilangsungkan di Australia setiap tahunnya.

Formula 1 musim 2022 ditujukan untuk kembali menormalkan jadwal balapan di tengah situasi pandemi dan beberapa tantangan yang ada. Sementara GP Shanghai telah dicoret dari kalender 2022 karena adanya pembatasan perjalanan di negera tersebut. Seri Shanghai akan digantikan dengan seri Imola.

Musim 2022 juga akan menjadi debut pertama seri Miami untuk Formula 1. Selain itu, musim baru ini juga akan menandai kembalinya balapan di Australia, Kanada, Singapura, dan Jepang. GP Imola akan berlangsung pada 24 April, sementara GP Miami dijadwalkan pada 8 Mei 2022.

Balapan F1 musim depan juga akan menghadirkan trek dengan teknologi terbaru dan mobil yang sudah mendapatkan pembaruan. Mobil F1 yang akan turun musim depan telah mendapatkan pembaruan desain mulai dari penggunaan winglet over-wheel untuk pertama kalinya, kembalinya penggunaan penutup roda, penggunaan velg 18 inci dengan ban profil rendah untuk pertama kalinya, hingga kembalinya fitur aero yang sempat digunakan pada tahun 1970-an.

Selain itu, mobil F1 untuk musim 2022 juga akan menggunakan powertrain turbo-hybrid 1,6 liter yang sama dengan mobil musim 2021. Hanya saja akan ada lebih banyak komponen standar dalam sistem pembakar dan sensor tambahan yang memantau unit daya. Mobil F1 musim baru diklaim akan menggunakan bahan bakar berkelanjutan yang mengandung 10 persen bio-komponen, lebih tinggi dari mobil musim 2021 yang hanya mengandung 5,75 persen bio-komponen.

Balap F1 musim depan diwarnai dengan kembalinya Alexander Albon. Mantan pembalap Red Bull Racing itu akan memperkuat tim Williams. Sedangkan George Russel yang saat ini membalap untuk tim Williams pindah ke Mercedes, menjadi tandem Lewis Hamilton. 

Musim 2022 juga akan kehilangan Kimi Raikkonen. Juara dunia F1 asal Finlandia ini memutuskan pensiun di akhir musim ini. Rekan senegara Kimi, Valtteri Bottas, yang saat ini membela Mercedes, akan menggantikan posisi Kimi di Tim Alfa Romeo. 

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES | FORMULA1.COM | WP

Baca juga: Qatar Jadi Tuan Rumah Balap Formula 1 19-21 November 2021

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Formula 1
#F1
#Lewis Hamilton
#Alexander Albon
#George Russell
#Mercedes
#Kimi Raikkonen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi