4 Persaingan Juara Formula 1 Paling Ketat Jelang Balapan Terakhir
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 10 Desember 2021 15:54 WIB
Mercedes' Lewis Hamilton celebrates with champagne on the podium after winning the race with Red Bull's Max Verstappen who finished third during the Formula One F1 Belgian Grand Prix at Spa-Francorchamps, Spa, Belgium, August 30, 2020. Pool via REUTERS/Lars Baron
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Persaingan gelar juara dunia Formula 1 2021 terbilang sangat ketat, di mana menghadirkan dua pembalap yang sama-sama memiliki peluang besar untuk menang hingga seri balapan terakhir. Dua pembalap yang dimaksud adalah Max Verstappen dan Lewis Hamilton

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertarungan ketat Verstappen dan Hamilton ini menjadi daya tarik Formula 1. Mengingat, momen seperti ini sangat jarang sekali terjadi dalam ajang balap mobil paling bergengsi di dunia.

Jelang seri balapan terakhir Formula 1 2021, keduanya diketahui sama-sama mengantongi 369.5 poin. Dengan begitu, siapapun yang finis lebih baik di Formula 1 Abu Dhabi akhir pekan ini dipastikan akan menjadi juara dunia.

Bukan hanya Verstappen dan Hamilton saja yang mengalami persaingan ketat ini. Setidaknya ada tiga rivalitas lain yang jauh lebih dulu merasakannya. Berikut redaksi Gooto.com merangkum deretan persaingan juara Formula 1 paling ketat jelang balapan terakhir:

F1 1974: Emerson Fittipaldi vs Clay Regazzoni

Sama seperti Verstappen dan Hamilton, persaingan Emerson Fittipaldi vs Clay Regazzoni juga menorehkan poin serupa menjelang balapan terakhir Formula 1 1974. Keduanya saat itu sama-sama mengantongi 57 poin.

Pada balapan terakhir, Fittipaldi berhasil tampil lebih baik dari rivalnya. Diketahui ia mampu menempati posisi 4 di Formula 1 Amerika Serikat, sedangkan Regazzoni terlempar ke posisi 11.

F1 1994: Michael Schumacher vs Damon Hill

Legenda balapan Michael Schumacher juga pernah merasakan persaingan ketat dengan Damon Hill di Formula 1, tepatnya musim 1994 silam. Mantan pembalap Ferrari tersebut diketahui hanya unggul satu poin jelang seri balapan terakhir.

Saat tampil di seri terakhir, Formula 1 Australia, Schumacher dan Hill gagal menyelesaikan balapan akibat kecelakaan. Alhasil, Schumacher berhasil keluar sebagai juara dunia Formula 1 1994 dengan torehan 92 poin unggul satu angka dari Hill (91 poin).

F1 1997:  Jacques Villeneuve vs Michael Schumacher

Schumacher kembali merasakan persaingan ketat hingga seri balapan terakhir Formula 1 pada musim 1997 silam. Kali ini dirinya harus berhadapan dengan pembalap Kanada Jacques Villeneuve. Jelang balapan terakhir, Schumacher mampu unggul satu poin.

Meski unggul, Schumacher gagal menyelesaikan musim sebagai juara dunia. Itu terjadi ketika dirinya dinilai sengaja menabrakkan mobilnya saat Villeneuve mencoba menyalipnya. Alhasil, Schumacher didiskualifikasi, dan Villeneuve dinobatkan sebagai juara Formula 1 1997 dengan torehan 81 poin.

F1 2021: Max Verstappen vs Lewis Hamilton

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Verstappen dan Hamilton menghadirkan persaingan ketat sebelum menjalani seri balapan terakhir. Keduanya berada di papan atas klasemen sementara Formula 1 dengan koleksi 396.5 poin.

Formula 1 Abu Dhabi pada Minggu, 12 Desember 2021, menjadi penentuan persaingan Verstappen dan Hamilton. Keduanya pun kemungkinan bisa memunculkan drama dan insiden-insiden kecil di Sirkuit Yas Marina. Patut dinantikan.

Baca: Pembalap Ferrari Meminta Max Verstappen dan Lewis Hamilton Tak Bermain Kotor

FORMULA 1

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi