Keselamatan Berkendara: 3 Pengguna Jalan yang Jadi Prioritas Utama
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 23 Desember 2021 11:08 WIB
Pengendara sepeda motor melanggar lalu lintas dengan nekat melintasi jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Selasa, 21 Desember 2021. TEMPO/M Taufan Rengganis

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap reli Indonesia Rifat Sungkar baru-baru ini telah menjelaskan beberapa hal yang harus menjadi prioritas di jalan. Menurutnya, ada tiga pengguna jalan yang wajib mendapatkan prioritas utama.

Hal itu ia utarakan ketika menghadiri acara virtual yang diselenggarakan bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pekan ini. Ia menjelaskan bahwa di Indonesia masih belum mengedepankan ketiga prioritas itu.

“Di luar negeri orang menyeberang diprioritaskan, kedua adalah sepeda dan ketiga motor. Di sini (Indonesia), seperti hukum rimba, siapa yang kuat dia yang menang, bukan yang prioritas,” kata Rifat.

Lebih lanjut, Rifat menjelaskan bahwa ilmu keselamatan berkendara wajib dilakukan oleh setiap orang sejak dini. Karena menurutnya, edukasi sangat penting untuk memunculkan kesadaran para pengendara motor dan mobil.

“Ilmu berkendara lebih banyak dari vokasi atau jalur pengalaman hidup, bukan akademisi. Padahal kesadaran berkendara bisa didapat dari edukasi. Saya menyarankan kepada mereka pendidikan safety riding sejak usia dini, bahkan SD,” lanjut dia.

Rifat pun turut memberikan contoh keselamatan berkendara yang diterapkan di negara lain, seperti Inggris. Dirinya membandingkan pendidikan untuk anak-anak di Inggris, tidak didapatkan di Indonesia.

“Contoh di Inggris anak kelas 1 SD, diajarkan cara berjalan di trotoar. Kelas 3 SD bisa membiming anak kelas 1 berjalan di trotoar. Itu sudah jadi kebudayaan. Di Indonesia, kita suka tidak tahu siapa priorotas kita di jalan,” tambah Rifat.

Baca: Tips Merawat Karet yang ada pada Mobil, Jangan Parkir Sembarangan

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Keselamatan Berkendara
#Rifat Sungkar
#Sepeda
#Motor
#safety riding

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi