Tips Merawat Karet yang ada pada Mobil, Jangan Parkir Sembarangan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 21 Desember 2021 18:00 WIB
Ilustrasi karet wiper mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Kualitas karet pada mobil tentunya harus diperhatikan oleh para pemiliknya. Namun sayangnya, beberapa orang dianggap kurang memperhatikan kondisi karet-karet yang ada pada kendaraan.

Meski mudah dan sering terlihat, namun kondisi ban juga cukup sering dilupakan. Padahal itu bisa memeranguhi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Bukan hanya sekedar ban terpakai saja yang harus mendapatkan perhatian. Akan tetapi, ban serep juga harus diperhatikan sebelum akhirnya digunakan pada mobil pribadi masing-masing.

Oleh karena itu pembalap Indonesia Rifat Sungkar mencoba untuk menjelaskan bagaimana tips merawat bagian tersebut. Hal itu ia utarakan dalam acara virtual yang diselenggarakan bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

“Untuk pengecekan komponen, kita fokus pada ban, yang suka dilupakan para pengguna kendaraan adalah keadaan ban serep. Untuk mobil yang ban serepnya ada, saya sarankan untuk lihat tekanan ban, karena ban serep walau tidak dipakai tekanannya bisa turun karena lokasi penyimpanannya naik turun,” kata dia.

Apabila ban serep itu sudah terpasang pada mobil, maka ada beberapa tips lainnya untuk menjaga kualitasnya. Rifat turut memberikan 5 tips merawat karet pada mobil, yang mana salah satunya tidak boleh parkir sembarangan. Berikut poin-poinnya:

  1. Jika parkir usahakan jangan kena matahari langsung
  2. Nersihkan karet apabila terkena kotoran
  3. Gunakan pembersih cairan yang bersilikon
  4. Lakukan rotasi pada ban mobil
  5. Selalu memastikan tekanan angin pada ban. Pastikan tidak kurang dari tekanan angin yang direkomendasikan.

Baca: 5 Cara Mengetahui Karet-karet Mobil yang Harus Diganti

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Tips
#Karet
#Mobil
#Parkir Sembarangan
#Rifat Sungkar

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi