Aston Martin Bakal Luncurkan Mobil F1 untuk Musim 2022 pada 10 Februari
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 17 Januari 2022 06:26 WIB
Pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel menjalani sesi latihan bebas pertama Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao. (30/4/2021) (Gabriel Bouys/AFP)

GOOTO.COM, Jakarta - Tim balap Formula 1 (F1) Aston Martin menjadi tim pertama yang mengumumkan jadwal peluncuran mobil balap untuk musim 2022. Tim dengan corak berwarna hijau tua ini akan merilis mobil balap AMR22 pada 10 Februari mendatang.

Musim lalu, Aston Martin menjadi tim ketujuh yang memperkenalkan mobil balapnya untuk Formula 1. Namun untuk mobil musim ini, belum ada bocoran grafis yang akan digunakan. Sementara tim lain seperi Mercedes, Red Bull, Ferrari, McLaren, Alpine, AlphaTauri, Williams, Alfa Romeo, dan Haas belum mengumumkan tanggal peluncuran mobil balapnya.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Senin, 17 Januari 2022, tim Formula 1 juara empat kali ini akan diperkuat dua pembalap andalannya di tahun 2022 ini, yakni Sebastian Vettel dan Lance Stroll.

Sebagai informasi, di musim 2022, Formula 1 akan menghadirkan ubahan besar pada desain mobil balap yang akan digunakan. Mobil balap baru akan menampilkan winglet over-wheel dan kembalinya penggunaan penutup roda yang dihentikan sejak 2009.

Kemudian mobil F1 musim ini akan menggunakan ban 18 inci dengan profil ban rendah, lebih besar dari yang sebelumnya hanya 13 inci.

Selain itu, mobil balap F1 tahun ini juga akan mengusung sayap depan dan moncong baru untuk menghasilkan downforce yang lebih baik.

Ubahan lainnya adalah fitur aero retro untuk menciptakan downforce yang lebih stabil dan sasisnya dibangun 48 persen lebih ringan di bagian depan serta 15 persen di bagian belakang.

Dari sektor mesin, mobil balap Formula 1 masih menggunakan mesin yang sama dengan tahun lalu, yakni mesin turbo-hybrid 1,6 liter. Namun bahan bakar yang digunakan akan lebih ramah lingkungan dengan persentase biofuel yang lebih tinggi. Kemudian mulai 2022, rasio bio-komponen dalam bahan bakar akan meningkat dari 5,75 persen menjadi 10 persen.

Pada musim lalu, Aston Martin menempati peringkat ke-7 klasmen akhir Konstruktor dengan total 77 poin. Sedangkan di kelasmen pembalap, Vettel dan Stroll berada di posisi 12 dan 13 dengan masing-masing meraih total 43 poin dan 34 poin. 

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

Baca juga: Aston Martin Rayakan 20 Tahun Mobil Tercanggihnya, V12 Vanquish

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Aston Martin
#Lance Stroll
#Sebastian Vettel
#Formula 1
#Ferrari
#McLaren
#Alfa Romeo
#Haas
#Mercedes

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi