Intip Spesifikasi Mobil Listrik Berbahan Serat Alam Buatan Mahasiswa Unila
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 25 Januari 2022 12:02 WIB
Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani (batik kuning) saat uji coba mobil listrik karya dosen dan mahasiwa. Kamis, 13 Januari 2022. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

GOOTO.COM, Jakarta - Mahasiswa dan dosen Unversitas Lampung (Unila) baru-baru ini telah meluncurkan mobil listrik berbahan serat alam. Kendaraan listrik ini diluncurkan pada 13 Januari 2022 dan diberi nama Electric Vehicle Unila (EVU 01).

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. Asep Sukohar menjelaskan bahwa proses pembuatan mobil listrik EVU 01 ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Ia mengatakan bahwa peluncuran ini dilakukan untuk membantu mengurangi pemanasan global.

“Kalau kita lihat mobil listrik bodinya sedikit tidak rata, karena kendaraan ini terbuat dari fiber yang disisipkan bahan alam, salah satunya serat bambu. Tentunya ini sangat mendukung program UI Green Matric dan SDGs,” kata dia, dikutip dari Antara.

Bicara spesifikasinya, mobil listrik EVU 01 dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 3 kW dan torsi 70 Nm. Kendaraan listrik ini diengkapi dengan baterai 60 Volt 45 Ah, syang membuat mobil bisa melaju hingga 100-150 km dalam satu kali pengisian daya.

Mobil listrik yang memiliki berat 400 kg tersebut mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 45 km/jam. Bodi EVU 01 diketahui terbuat dari rami dan daun bamboo, sementara joknya menggunakan serat kelapa.

“Negara kita memiliki serat alam dan luar biasa banyak namun pemanfaatannya masih terbatas. Jadi prototipe mobil listrik ini adalah salah satu contoh penggunaan serat alam, walaupun belum sempurna,” kata Ketua Tim Mobil Listrik Martinus, dikutip dari situs resmi Universitas Lampung.

Baca: Ford Bronco Raptor 2022 Meluncur, Cocok untuk Perjalanan Off-Road Ekstrem

ANTARA | UNIVERSITAS LAMPUNG

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Mobil Listrik
#Unila
#Mahasiswa
#spesifikasi
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi