Tips Pemula dalam Membeli Motor dengan Sistem Kredit
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 23 Maret 2022 14:55 WIB
Seorang calon pembeli sedang memilih sepeda motor yang dipajang di Bursa Motor di Pasar Klitikan, Yogyakarta, Sabtu 27 Januari 2018. Tempo/Pribadi Wicaksono

GOOTO.COM, Jakarta - PT Federal International Finance (FIF Group) telah memberikan tips kepada masyarakat Indonesia yang ingin membeli motor dengan sistem kredit. Mengingat, kebanyakan konsumen Tanah Air memilih untuk mengambil kredit ketimbang membeli tunai.

Collection Remedial & Recovery Management Division Head PT FIF, Riadi Masdaya baru-baru ini telah menerangkan ada beberapa tips untuk pemula yang ingin membeli motor. Itu ia utarakan saat menghadiri acara virtual pada hari ini, Rabu, 23 Maret 2022.

“Jadi tips pemula beli motor saya bilang entry level, pilihlah motor dengan harga yang terjangkau, tangguh dan gampang dijual kembali. Kemudian (pilih) juga angsurannya yang jauh lebih terjangkau daripada model lainnya yang lebih mahal,” kata dia.

“Kalau mengambil model motor yang harganya lebih mahal rasanya akan memberatkan (bayar angsuran), tetapi jika sanggup, ya tidak masalah juga. Tapi itu sekadar tips berdasarkan cerita dari teman-teman tenaga penjual motor di lapangan,” ujar Riadi menambahkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam pendanaan pembelian sepeda motor, FIF konsumen bisa memutuskan pilihannya sendiri dalam memilih jumlah DP dan tenor. Dirinya menjelaskan bahwa pembeli harus teliti dan menghitung lebih detail mana yang lebih murah di antara opsi-opsi itu.

“Ada orang yang tidak mampu bayar DP di awal tapi mampu bayar angsuran, ada juga yang kemampuan angsuran bulanannya sekian ratus ribu akhirnya dia berusaha mengumpulkan uang lebih banyak untuk menaikkan DP,” ucap dia mengisahkan.

“Tapi sederhananya tinggal dihitung mana yang lebih murah secara total bayar selama periode 2 tahun atau 3 tahun. Maka sebenarnya yang dipilih apakah DP ringan atau Bunga ringan, plus diskon-diskon dari diler. Itu sebenarnya tipsnya,” tutup dia.

Baca: Pemerintah Bakal Evaluasi MotoGP Indonesia untuk Sukseskan WSBK Mandalika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Motor
#Kredit
#FIF
#FIF Group
#Tips
#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi