Honda Segera Turunkan Bunga Kredit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 Februari 2009 21:40 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Sejalan dengan tanggapan asosiasi industri otomotif, produsen otomotif di Indonesia mengatakan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia akan segera mempengaruhi bunga kredit penjualan produk otomotif. Industri sepeda motor lebih responsif, sedangkan industri mobil menyatakan masih menunggu langkah perbankan.

Sigit Kumala, Manajer Marketing dan Pengembangan Produk Astra Honda Motor mengatakan perusahaannya masih mendiskusikan tindakan yang akan diambil setelah penurunan suku bunga bank sentral. Honda menurut Sigit, "Sudah menurunkan bunga kredit dan uang muka pembelian sepeda motor bulan lalu, dan diperkirakan dalam pekan ini akan ada penurunan bunga lagi.”

Namun Suzuki motor lebih memilih menunggu. Darmawan EditJahjono Direktur Pemasaran Indomobil Niaga International mengatakan, “Pasar saya rasa akan menunggu, produsen juga. Oke lah ada usaha dari pemerintah, tapi indikator ekonomi lain masih belum baik.” sejalan dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, Darmawan mengatakan penurunan ini masihharus diikuti oleh langkah pelonggaran oleh perusahaan leasing (kredit) dan perbankan.

Dari industri mobil Toyota mengatakan langkah itu adalah sinyal bagus untuk produsen otomotif. “Memang ini yang kita perlukan.. dan ini juga menguntungkan konsumen,” jelas Wisnu Kusumawardhana, Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Financial Services.

Bagi Toyota, penurunan suku bunga acuan itu diperkirakan bisa meningkatkan penjualan antara 5 dan 10 persen. Toyota bisa memprediksi hal itu namun tidak bisa menentukan kapan bunga kredit untuk kendaraan produksi Toyota turun.

Honda mobil juga tidak bisa menentukan besar pengaruh penurunan suku bunga Bank Indonesia. Manajer Pemasaran dan Purna Jual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan sulit menghitung pengaruh penurunan suku bunga terhadap penjualan mobil Honda dalam “Kondisi yang tidak biasa saat ini.” Honda menurutnya belum bisa menyebutkan kapan bunga kredit akan diturunkan namun Honda akan melakukan hal itu secepatnya bila ada perkembangan pasar.

RONALD

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi