INKA dan VKTR Berkolaborasi Bangun Transportasi Kendaraan Listrik
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 30 Agustus 2022 14:00 WIB
Petugas melakukan pengujian prototipe bus listrik medium buatan PT INKA di Madiun, Jawa Timur, Senin 19 OKtober 2020. Pengujian performa bus listrik yang diproduksi PT INKA bekerjasama dengan Tron-E Taiwan dan Piala Mas Malang tersebut dilakukan sebelum diproduksi secara massal. ANTARA FOTO/Siswowidodo

GOOTO.COM, Jakarta - PT Industri Kereta Api (INKA) dan anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), menjalin kerja sama untuk membangun ekosistem transportasi kendaraan listrik.

Kerja sama itu secara resmi diumumkan ketika kedua pihak telah menandatangani Nota kesepahaman (MoU) di Madiun, Jawa Timur, Senin, 29 Agustus 2022. Masing-masing pihak saat itu diwakili oleh Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dan Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono.

"Kami punya rencana pengembangan industri yang saya yakin bisa saling membantu, melengkapi dan kolaborasikan kapasitas dengan kemampuan yang ada,” kata Dirut PT INKA Budi Noviantoro, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa ada kemiripan platform dan tujuan dari PT INKA dan VKRT. Keduanya, kata dia, sama-sama berupaya menjadi pelopor pembangunan ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia.

Hal itu juga dibenarkan langsung oleh Komisaris Utama VKTR Anindya Novyan Bakrie. Dirinya mengatakan kerja sama ini sejalan dengan strategi bisnisnya untuk mengembangkan lektrifikasi industri dan energi hijau.

“Ini (ekosistem industri elektrifikasi) menjadi tugas kita bersama untuk membangun dan memiliki kemandirian teknologi yang lengkap dari hulu hingga ke hilir, berskala nasional dan berkualitas global,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono menyebut koloaborasi ini bertujuan menjajaki pembuatan dan pengembangan komponen kendaraan listrik secara lokal. Nantinya, jelas dia, perusahaan bakal mempercepat peningkatan penggunaan TKDN pada bus listrik.

“PT INKA jelas memiliki pengalaman manufaktur yang panjang dan mumpuni. Kami sendiri memiliki kapasitas yang kuat dalam industri komponen otomotif dan technical know-how dari mitra global kami selaku pembuat komponen kendaraan listrik,” tutup Gilarsi.

Baca juga: Formula 1: FIA Turun Tangan dalam Perselisihan Kontrak Oscar Piastri

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Kendaraan Listrik
#INKA
#Transportasi
#bus listrik
#TKDN

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi