5 Tips Merawat Jas Hujan Supaya Awet, Pengendara Motor Harus Tahu
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 13 September 2022 09:56 WIB
Ilustrasi pedagang jas hujan. ANTARA/Rivan Awal Lingga

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki musim hujan, jas hujan merupakan salah satu alat pelindung yang wajib dimiliki setiap pengendara sepeda motor. Maka penting bagi pengendara motor merawat jas hujan. 

Jika tidak dirawat dengan baik, jas hujan cepat rusak, berjamur, serta mengeluarkan bau tidak sedap. Pengendara motor meesti memahami cara merawat jas hujan yang baik.

Berikut 5 langkah merawat jas hujan, dilansir dari moladin hari ini, Selasa, 13 September 2022:

1. Bersihkan Jas Hujan Saat Tiba di TujuanCara merawat jas hujan yang pertama, segera bersihkan ketika tiba di lokasi tujuan. Sisa air hujan yang masih menempel bukan cuma bisa bikin jas hujan kotor dan kusam. Air hujan yang mengendap dengan kotoran dapat pula membuat bau.

2. Keringkan Jas HujanSetelah dilap bersih, jas hujan selanjutnya dikeringkan dengan diangin-anginkan. Pengendara motor bisa menggantung dengan hanger. Jangan gantung jas hujan di bawah terik matahari sebab akan merusak bahannya. Karena musim hujan, biasanya jas hujan digantung di tempat teduh.

3. Lipat Dengan Rapi Setelah jas hujan benar-benar kering, lipat jas hujan dengan mengikuti pola lipatan dan sambungannya. Sehingga pada kemudian hari ketika jas hujan dipakai kembali menjadi nyaman. Kemudian masukkan ke kantong atau plasik supaya lebih terlindung. Jangan sekali-kali melipat jas hujan yang masih basah, karena bisa membuatnya lengket dan susah untuk digunakan.

4. Jangan Simpan di Bawah Jok MotorJas hujan tidak direkomendasikan untuk disimpan pada jok motor. Alasannya, bagasi di bawah jok sering kali terkena panas yang berlebihan dari mesin. Kalau terus menerus terpapar panas, maka material jas hujan bisa tidak lagi optimal untuk menahan air hujan.

5. Gunakan Sabun untuk Kotoran MembandelBila terdapat kotoran yang susah hilang, boleh menggosok jas hujan dengan perlahan menggunakan sabun cuci piring atau deterjen. Caranya cukup dengan sabun yang dicampur sedikit air, lalu gosok perlahan dengan jari atau sikat gigi yang sudah tidak dipakai.

Baca: Empat Alasan Jas Hujan Ponco tidak Disarankan untuk Pengendara Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Jas hujan
#Musim Hujan
#Pengendara Motor
#Air Hujan
#sabun
#Jok Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi