Tips Memilih Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Motor
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 11 Desember 2023 09:38 WIB
Pengunjung terlihat dalam stan jaket dan jas hujan dalam pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu, 2 November 2022. Pengelenggara IMOS 2022, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menargetkan transaksi penjualan produk selama pameran sekitar Rp 1 miliar. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim hujan datang, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki setiap pengendara bermotor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berbagai jenis jas hujan pun banyak tersedia di pasaran, namun ternyata tidak semua jenis aman untuk berkendara.

Karenanya, ada beberapa aturan jas hujan yang sesuai dengan aspek keselamatan dan keamanan seperti dikutip dari laman resminya Wahana Honda, Senin, 11 Desember 2023.

2. Cloating Glossy 

Bahan kualitas jas hujan yang direkomendasikan, minimal berbahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun seperti jas hujan dari Polyvinyl chloride (PVC). Ini  bertujuan supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak di musim hujan.

1. Pas Badan

Aturannya model jas hujan harus benar-benar fit dan tidak terlalu longgar ketika digunakan. 

Jas hujan yang kebesaran, jika tidak diduduki dengan benar, bisa membuatnya seakan terbang.  Kondisi ini, selain bisa menghalangi pemandangan pengendara, juga bisa nyangkut di rantai. Jelas ini sangat membahayakan.

3. Wajib Warna Terang 

Warna dari jas hujan sangat disarankan yang berwarna terang. Warna tersebut membuat pengendara  mudah terlihat jelas dari pengendara lain.

4. Hindari Model Ponco

Model jas hujan berbentuk ponco tidak direkomendasikan sama sekali. Lantaran model begini mudah terbang dan berpotensi tersangkut rantai, gir, atau kendaraan di sekitar.

Pilihan Editor: 5 Tips Persiapan Motor Hadapi Musim Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi