Honda Baru Pasarkan Freed Juni Mendatang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 Maret 2009 15:42 WIB
Honda freed

TEMPO Interaktif, Jakarta: Peluncuran Honda Freed ke pasar Indonesia yang diantispasi pekan ini ternyata ditunda PT Honda Prospect Motor menyatakan akan meluncurkan mobil baru mereka itu Juni nanti. Penundaan itu menurut Honda Indonesia bukan karena sekedar persiapan pemasaran, tetapi karena persiapan fasilitas produksi Honda Indonesia sebagai basis produksi Freed.

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, mengatakan Indonesia akan menjadi negara pertama basis produksi Honda Freed di Asia Tenggara. Hal itu merupakan salah satu faktor penyebab jangka waktu peluncuran Honda Freed di Jepang dan Indonesia cukup lama. Di Jepang Honda Freed telah diluncurkan sejak Mei 2008, sementara itu di Indonesia baru akan muncul Juni nanti. “Sebelumnya Honda telah melakukan studi dan kontak ke negara-negara di Asia Tenggara dan PT Honda Prospect Motor setuju untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi,” tutur Jonfis, saat acara Exclusive Media Preview Honda Freed, di Ball Room Djakarta Theater XXI, Rabu (11/3).

“Kami butuh waktu persiapan yang cukup lama karena proses produksinya juga akan dilakukan di Indonesia. Maka kami harus mempelajari lebih dalam mengenai manufaktur hingga spesifikasi seperti apa yang cocok di Indonesia,” ujar Jonfis.

Soal mobilnya sendiri Honda tidak mau bicara terlalu rinci, sebelum siap dipasarkan. Honda Freed hadir dengan konsep triangle square, di mana bentuk depan yang segitiga dipadu dengan bagian kabin berbentuk kotak dengan kapasitas kursi tujuh penumpang. Jonfis juga memaparkan desain Honda Freed dibuat dinamis dan mengutamakan kelapangan kabin. “Jadi penumpang dapat berpindah-pindah kursi dengan mudah,” ujarnya.

Honda Freed juga dilengkapi dengan berbagai fitur terdepan di kelasnya, antaralain captain seat, sliding door di kedua sisi, serta flip up third row seat.Untuk eksterior, Honda Freed disempurnakan dengan balutan curving art surface yang tylish.

Mobil ini ditopang dengan mesin 1,5 liter i-VTEC 4 silinder dengan transmisi otomatis 5 percepatan atau transmisi CVT yang mampu menyemburkan daya sebesar 120 tenaga kuda. Mesin 1,5 i-VTEC itu mampu menghemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Untuk 1 liter, Freed dapat menempuh jarak hingga 16,4 km.Platform Freed menggunakan platform Honda Jazz dengan dimensi 1,655 milimeter. Panjang Honda Freed mencapai 4,215 milimeter, dengan tinggi 2,740 milimeter.

Di luar informasi tadi Honda tidak bersedia mengungkap informasi lebih jauh, termasuk harga, "Pertanyaannya jangan mendetail dulu karena mau disimpan untuk launching," kata Jonfis.

Honda Freed sendiri masuk ke jenis Multi Purpose Vehicle atau bahasa sederhananya mobil keluarga. Dalam usahanya untuk menarik minat pasar, Jonfis mengatakan Freed harus bersaing dengan sejumlah mobil yang memiliki segmentasi yang hampir sama seperti, Xenia-Avanza, Grand Livina, hingga Innova.

Di Jepang, Honda Freed mencatat angka penjualan tertinggi untuk minivan pada 2008 dengan total penjualan 60.035 unit dari Mei 2008 hingga Februari 2009. Fitur keselamatan Honda Freed meraih peringkat tertinggi 6 bintang dari Japan New Car Assesment Program untuk kursi pengemudi dan penumpang.

ANGGY ANINDITA

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi