Ford Pasarkan Lima Varian Focus
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 29 Maret 2009 17:28 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Ford Motor Indonesia akhir pekan ini memperkenalkan produk baru yang awal tahun ini dijanjikan akan dipasarkan di Indonesia yaitu, Focus. Sejumlah varian akan bersaing di segmen yang sudah dikuasai beberapa merek tapi ada jenis yang menjadi pelopor pasar yaitu Focus diesel.

Ford membawa masuk Focus bermesin diesel 2.000 cc, tahun ini. Jenis itulah yang diperlihatkan pada khalayak umum dalam acara peluncuran di Jakarta hari Sabtu (28/3). Sedangkan varian lainnya yang bermesin bensin hadir dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.000 cc ditambah satu varian berkapasitas 1.800 cc seperti versi terdahulu.

Eksterior

Mulai dari luar, tampilan fokus baru lebih sporty dibanding edisi 2008 karena garis rancangan kap mesin dan bonet lebih tegas. Ford menamakan rancangan itu 'Kinetic Design'. “Depannya bagus,” kata Bambang, 42 tahun, salah seorang pengunjung yang mengamati mobil itu. Seperti halnya produk modifikasi lampu depan maupun belakang, grill, kaca spion juga tampil dengan wajah baru.

 

 

Interior

Di bagian dalam Ford menawarkan beberapa aksesoris baru seperti desain dashbor dan speedometer atau yang sekarang lebih sering disebut layar informasi serbaguna yang futuristik, ditambah iPod connector. Namun salah seorang pengunjung yang mengamati mobil itu menyatakan luas kabin untuk penumpang bagian belakang tidak seluas yang ia duga. “Bagus, tapi kursi belakang kelihatannya agak sempit ya,” kata Tony, 24 tahun mengomentari interior Focus Diesel 2.0 TDCi yang dipamerkan.

Mesin

Ford membawa dua jenis mesin untuk Focus ke pasar Indonesia tahun ini. Diesel yang berteknologi Duratorq DOHC TDCi. “Saya ke sini mau lihat mesinnya,” kata Irvan, 28 tahun, yang sengaja datang untuk melihat peluncuran Focus baru itu. Yang kedua adalah mesin bensin. Untuk mesin bensin Ford membawa empat varian, yaitu 1.800 cc, 2.000 cc serta Focus Sedan Ghia 2.000 cc dan Focus Sedan Comfort.

Dengan kisaran harga di atas Rp 240 – Rp 330 juta, Presiden Direktur Ford Motor Indonesia, Will Angove, mengatakan Focus edisi tahun ini tidak mungkin bersaing pada segmen kelas B mobil penumpang seperti Honda Jazz, atau Toyota Yaris walaupun, tiga dari lima yang dibawa tahun ini berdesain hatchback.

Lalu apa pesaing Focus hatchback dan sedan? Dari kapasitas mesin dan penumpang, kedua jenis focus itu tidak berbeda. Untuk versi sedan yaitu Ghia dan Comfort tidak sulit menemukan pesaing seperti Toyota Altis dan Honda Civic yang lebih familiar dengan pasar otomotif lokal.

Tapi untuk hatchback 1.800 cc sulit menemukan pesaing yang setingkat karena harga yang dipatok Ford cukup mahal seperti kata Will Angove. Dan untuk focus diesel, mencari pesaing di pasar nasional tidak mungkin karena ini yang pertama ada sedan bermesin diesel di Indonesia.

RONALD

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi