Kia Carens dan Kia EV6 Sabet Anugerah ICOTY 2023
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 20 Januari 2023 20:02 WIB
Kia Carens 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, Jakarta - Kia Carens mendapat penghargaan bergengsi Indian Car of the Year (ICOTY) 2023, dari jurnalis otomotif India. Bahkan mobil listrik Kia EV6 memenangkan Green Car Award 2023 juga dari ICOTY. Brand asal Korea ini mengklaim menjadi yang pertama meraih dua penghargaan sekaligus di ICOTY.

ICOTY ini merupakan rekanan para wartawan khusus otomotif yang tergabung dalan Automotive Journalists Association of India (AJAI). Diyakini anugerah ini melibatkan para ahli dan juri untuk menilai mobil baru. Para anggota juri bertanggung jawab hanya memilih satu mobil baru sebagai pemenang.

Adapun kriterianya meliputi harga, konsumsi bahan bakar, gaya, kenyamanan, fitur keselamatan, performa, kepraktisan, inovasi teknis, punya nilai lebih dan cocok untuk dikendarai di kondisi jalanan India. Hal tersebut menjadi faktor penting penentu kemenangan ICOTY.

President and CEO Kia Corporation Ho Sung Song mengapresiasi atas dua penghargaan atas ICOTY 2023 dan kerja keras juri. “India merupakan pasar paling penting buat Kia, karena pasar di India tumbuh sangat pesat. Kia sudah menjadi salah satu merek otomotif yang tumbuh pesat dan hal ini ditandai dengan pilihan juri Indian Car of the Year menjadi penghargaan nyata untuk seluruh keluarga Kia.”

Kemudian, Ho Sung Song menambahkan bahwa Kia Carens merupakan komitmen utama perusahaan untuk kendaraan keluarga yang memenuhi kebutuhan konsumen India. "Sementara Kia EV6 merupakan visi kami untuk tonggak utama kami di jalur mobil listrik sebagai solusi di India. Kami akan terus melanjutkan berkontribusi untuk masa depan mobilitas bagi konsumen kami di India dan seluruh dunia,” ujar dia.

KIA EV6 GT Line pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Tangerang, Kamis 11 Agustus 2022. Mobil ini memiliki berbagai pilihan warna seperti Snow White Pearl, Moonscape, Runway Red, Yacht Blue, dan Aurora Black Pearl. Tempo/Tony Hartawan

Managing Director and CEO, Kia India, Tae-Jin Park, melanjutkan bahwa dirinya turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh juri yang terlibat menyelenggarakan ICOTY. “Ini adalah pernyataan yang baik bagi brand Kia dan mengungkapkan segala keunggulan teknologi, kemampuan, dan pemahaman kami terhadap pasar di India,” kata dia.

“Tentunya hal ini merefleksikan perjalanan kami di India dan motivasi besar untuk terus bekerja dan berkontribusi untuk terus menginspirasi,” tutur Tae-Jin Park.

Kia Carens merupakan global produk yang dibuat di India, diandalkan sebagai kendaraan keluarga dan memiliki tampilan lazimnya SUV. Kia Carens menjanjikan kenyamanan dan kelegaan kabin dari tiga barisnya. Kia menyebutnya Recreational Vehicle didesain untuk keluarga modern India.

Fitur terdepan di kelasnya dipasangkan di Kia Carens ini, mulai dari layar sentuh selebar 10,25 inci di tengah dasbor dan sudah bisa digunakan sebagai navigasi resolusi tinggi. Ditambah fitur Kia Connect generasi terbaru, perangkat audio dari Bose Premium Sound System sebanyak delapan speaker. Ditambah Smart Pure Air Purifier dengan proteksi terhadap virus dan bakteri.

Perihal mesinnya menggunakan empat silinder Smartstream 1.4 T-GDi berbahan bakar bensin dan 1.5 CRDi VGT berbahan bakar diesel. Transmisi pilihannya sangat lengkap, mulai dari transmisi manual 6 percepatan, 7 DCT, dan 6AT. Sedangkan untuk kenyamanan kabin ada pilihan enam tempat duduk dan tujuh tempat duduk.

Baca Juga: 2 mobil listrik Cina Menjadi yang Terbaik di EuroNCAP 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Kia Carens
#Kia EV6
#ICOTY
#Kia Corporation
#Mobil Listrik
#KIA

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi