Progres Menjanjikan Gasgas Factory Racing Tech3 di Tes Pramusim MotoGP 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 14 Februari 2023 09:31 WIB
Pol Espargaro Gasgas Factory Racing Tech3 gunakan basis KTM RC16 di tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 10-12 Februari 2023. (Foto: Gasgas Factory Racing Tech3)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaGasgas Factory Racing Tech3 menyelesaikan latihan perdana sekaligus tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 10-12 Februari 2023. Tim baru ini mengandalkan pembalap veteran Pol Espargaro dan rookie Augusto Fernandez.

Espargaro mencatat waktu tercepat ke-13, terpaut 0,908 detik dari pembalap tercepat Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) yakni 1:57,889 detik. Sedangkan Fernandez di posisi 22 tercepat, terpaut 1,771 detik.

“Pengetesan hari ketiga merupakan yang terbaik. Kita mencoba hal besar, seperti parameter mesin yang paling penting dan juga aerodinamika, senang dengan apa yang bisa kita dapatkan,” ujar Pol Espargaro dalam keterangan resmi tim.

Pol Espargaro catatkan waktu tercepat ke-13, terpaut 0,908 detik dari pembalap tercepat Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) yakni 1:57,889 detik. (Foto: Gasgas Factory Racing Tech3)

Espargaro mengucapkan terima kasih kepada para teknisi di Gasgas yang telah menyiapkannya tanpa istirahat dan perkembangannya sangat signifikan. “Motor tanpa ada kendala membuat saya senang. Saya merasa kami sudah melakukan dengan baik di waktu yang tepat dan berharap bisa tampil lebih baik lagi di Portimao,” kata dia.

“Pengetesan berikutnya tinggal menyempurnakan setelan dan beberapa hal kecil di motor untuk hadapi balapan pertama MotoGP,” ujar Espargaro.

Fernandez mengakui senang telah mendapatkan hasil yang positif selama pengetesan, mempertajam catatan waktu dan juga laju motor serta feeling dengan motor.

“Semuanya kita coba sesuai arahan untuk melakukan penyempurnaan. Kita sempat juga melakukan pengetesan di lintasan basah, bersiap ketika hujan!” kata dia.

Augusto Fernandez diberikan sesi tambahan, karena dirinya punya energi untuk pertajam waktu dan mencoba dengan baik memahami motor dan ban. (Foto: Gasgas Factory Racing Tech3)

Fernandez menyatakan bahwa dirinya bisa memahami memahami karakter ban yang sangat berbeda berbanding Moto2 saat di lintasan basah. "Kini kami akan menuju ke Portugal untuk tes selanjutnya,” ujar dia.

Sebastian Risse selaku Technical Manager Gasgas Factory Racing mengatakan, “Kami bisa menyelesaikan pengetesan pertama. Tentu saja Augusto diberikan sesi tambahan, karena dirinya punya energi untuk pertajam waktu dan mencoba dengan baik memahami motor, ban, dan di mana dia sekarang.”

Dirinya menambahkan, “Pol Espargaro juga lakukan pengetesan sesuai dengan apa yang diharapkan di motor. Pol bisa berkontribusi besar untuk dasar pengembangan motor berkat pengalamannya. Bisa lebih cepat dan berpengalaman ini berarti bisa lebih singkat melakukan pengetesan komponen dan progres bagus awali musim.”

Pengetesan pramusim MotoGP 2023 berikutnya akan digelar di  Algarve Internaional Circuit, Portugal, pada 11-12 Maret.

Gasgas Factory Racing Tech3 sedianya akan tampil dengan livery semangat MotoGP 2023, peluncuran pada 4 Maret mendatang di Spanyol.

Baca juga: Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez Cepat Akrab dengan Ducati Desmosedici GP22

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi