Mengenal Lebih Dalam Wuling Air ev dan Almaz Hybrid dalam Acara NEVX 2023
Reporter: Tempo.co
Editor: Prodik Digital
Selasa, 18 April 2023 14:07 WIB
Iklan
Iklan

INFO NASIONAL - Wuling Motors (Wuling) bersama Tempo Institute mengadakan New Energy Vehicle Xperience (NEVX) 2023, pada Jumat, 14 April 2023, untuk memperluas pemahaman dan memberikan pengalaman baru kepada para karyawan Tempo mengenai kendaraan berenergi baru dari Wuling, yakni Wuling Air ev dan Wuling Almaz Hybrid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Almaz Hybrid memadukan mesin Atkinson cycle dengan baterai listrik yang diposisikan di bagian belakang kendaraan dan dua roda depan digerakkan oleh motor penggerak. Sedangkan Air ev adalah kendaraan perkotaan berbasis baterai murni yang memanfaatkan motor listrik sebagai penggerak roda depannya.

Sekitar 20 orang yang mengikuti kegiatan NEVX 2023 mendapat penjelasan lebih mendalam mengenai cara kerja kendaraan hybrid dan kendaraan listrik Wuling.

Almaz Hybrid merupakan mobil hybrid pertama Wuling yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Fitur yang berlimpah pun menjadi unggulan dan daya tarik Almaz Hybrid dengan harga yang kompetitif di kelasnya, yakni Rp472.000.000 (OTR Jakarta).

Wuling Almaz Hybrid dikemas sebagai medium-SUV dengan dimensi sepanjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. Jarak sumbu roda 2.750 mm memungkinkan Almaz Hybrid tetap mendapatkanruang kabin yang lega untuk tujuh penumpang. Almaz Hybrid pun terlihat gagah gunakan pelek alloy berukuran 18 inci berbalut profil ban 215/55.Perihal mesin ICE yang dibawa memiliki instalasi empat silinder berkapasitas 1.999 cc, Atkinson cycle.

Tenaga yang dihadirkan mencapai 123 hp pada 5.600 rpm dan torsinya 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm. Performa mesin tersebut disalurkan ke Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dan Permanent MagnetSynchronous Motor yang juga digunakan oleh baterai untuk menggerakkan roda depan.

Adapun tenaganya mencapai 174 hp dan torsinya 320 Nm. Di NEVX 2023 para peserta bisa langsung merasakan kekuatan motor listriknya ketika Almaz Hybrid mulai melaju. Tak ada suara mesin saat pertama bergerak di saat baterai terisi penuh.

Jika energi baterai tidak memadai, mesin akan secara otomatis aktif untuk mengisi ulang baterai. Baterai yang dimiliki di Wuling Almaz Hybrid ini adalah Ternary lithium-ion (NMC) yang memiliki kapasitas 1,8 kWh.Peserta NEVX 2023 juga merasakan kenyamanan di dalam Almaz Hybrid. Atap panoramic sunroof seluas 0,82 m2 membuat kabin menjadi terang masuk dan memberikan kesan lega. Perjalanan juga kian menyenangkan dengan head unit berukuran 10,4 inci.

Tak hanya teknologi perpaduan mesin bensin dan baterai listrik yang ditawarkan di Almaz Hybrid, fitur andalan yang dimiliki kendaraan ini adalah Wuling Indonesian Command (WIND), Wuling Remote ControlApp, dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).  Teknologi ADAS yang dimiliki oleh Wuling Almaz Hybrid menjadi yang terdepan di kelasnya, mulai dari adanya Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA),

Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), dan Intelligent HeadBeam Assistance (IHMA).(*)

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi