All New Alphard Usung Keamanan, Kenyamanan dengan Teknologi Ramah Lingkungan
Reporter: Tempo.co
Editor: Prodik Digital
Jumat, 20 Oktober 2023 15:17 WIB
Iklan
Iklan

INFO OTOMOTIF - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Alphard di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang – Banten pada 10–20 Agustus 2023. All New Alphard saat ini memperoleh begitu banyak sentuhan inovasi, sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik, MPV ini juga memperkuat posisinya di segmen luxury vehicle yang sangat eksklusif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengungkapkan Toyota Alphard mendominasi segmen Premium Luxury MPV di Indonesia, di mana tahun 2022 lalu market share-nya mencapai 85 persen. 

“Toyota berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All yang sesuai kebutuhan pelanggan, sekaligus melengkapi line-up kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota pada segmen kendaraan mewah untuk memperluas jangkauan carbon neutral mobility di masyarakat,” ujar Henry.

Dia mengatakan All New Alphard yang baru dirilis menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) agar dapat mengurangi getaran dan kebisingan yang tinggi. Teknologi ini, ujar Ueda, sanggup meredam getaran sekitar 30 persen dibandingkan pendahulunya.

“Aplikasi peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda berupa kemampuan manuver dan stabilitas yang unggul, serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan,” tutur Henry.

Keunggulan lainnya dari All New Alphard bahwa dia menggunakan ban rendah getaran (low noise) dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi kebisingan. Toyota juga mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan lembut. Dengan menekan kebisingan sebaik mungkin dan menetapkan frekuensi gelombang suara yang seimbang, interior MPV ini menjanjikan ketenangan bagi pengendara.

“Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus. Sementara terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi oleh fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang dengan tekanan yang berbeda di sisi yang mendapatkan tekanan dari crosswind,” ujar Henry.

Selain itu, lanjut dia, inovasi baru dari All New Alphard lainnya yaitu penggunaan desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan postur yang tangguh dan solid, membuat model ini menciptakan kesan bertenaga dan berpenampilan agresif. 

“Memberikan akses pengembangan kabin lebih lanjut, dimensi Premium Luxury MPV ini ikut berubah. Panjangnya mencapai 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih spacious,” tutur Henry.

Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang, di mana jarak sandaran bangku baris ke-1 dan ke-2 mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm. Bangku tengah dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Tak hanya itu, konsep Hospitality diperlihatkan oleh beberapa sentuhan yang memberikan pengalaman berkesan, mulai dari masuk-keluar kendaraan hingga dalam perjalanan sendiri. 

“Toyota berkomitmen untuk mengembangkan berbagai fitur yang menghadirkan keramahan dan kenyamanan, seperti Universal Steps di kedua pintu geser kanan dan kiri yang memudahkan akses anak kecil dan orang tua,” ucap Henry.

All New Alphard yang diluncurkan di GIIAS 2023 memiliki 4 pilihan tipe. Mulai dari basic model 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV. Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage.

Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, di mana jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather. 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menargetkan untuk memasarkan setidaknya 30% kendaraan elektrifikasi (xEV) dalam produknya di tahun 2030. Strategi Multi Pathway dijalankan untuk melengkapi jajaran carbon neutral vehicle Toyota, salah satunya adalah All New Alphard 2.5 HV yang menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm. Mesin ini menggunakan teknologi yang mereduksi ukuran dan berat serta ditingkatkan efisiensinya, sehingga powerful dan hemat bensin, yang kemudian disalurkan lewat transmisi CVT yang smooth dan responsif ke roda depan,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. 

Tipe 2.5 X dan 2.5 G dilengkapi gasoline engine berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan. Hanya ada 2 pilihan warna All New Alphard, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk diseluruh tipe.

Selanjutnya, dalam produk ini Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol, Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya. 

Selanjutnya,  Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya,Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.(*)

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi