Honda Motor dan GS Yuasa Sepakat Dirikan Perusahaan Baterai EV
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 11 Mei 2023 16:00 WIB
Honda Motor Co., Ltd. (Honda) dan GS Yuasa International Ltd. (GS Yuasa) bekerja sama dalam produksi baterai bertegangan tinggi dan bertenaga besar dari lithium-ion. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda Motor Co., Ltd. (Honda) dan GS Yuasa International Ltd. (GS Yuasa) hari Kamis ini, 11 Mei, mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian usaha patungan melakukan pendirian perusahaan baru. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang pernah diumumkan pada 23 Januari 2023 melalui siaran pers resmi bahwa Honda dan GS Yuasa mencapai kesepakatan dasar menuju kolaborasi untuk baterai Lithium-ion berkapasitas tinggi dan bertegangan tinggi. 

Sedianya kedua perusahaan telah membahas secara spesifik untuk kolaborasi perihal kapasitas, baterai lithium-ion bertegangan tinggi, terutama untuk EV alias kendaraan listrik.

Mengatasi permintaan baterai yang berkembang pesat, perusahaan patungan baru ini, akan diberi nama HondaGS Yuasa EV Battery R&D Co., Ltd., akan meneliti dan mengembangkan baterai lithium-ion dan metode produksi baterai yang akan sangat kompetitif di tingkat global. 

Selain itu, perusahaan baru ini akan berupaya membangun rantai pasokan untuk bahan mentah utama dan sistem produksi yang sangat efisien untuk baterainya.

Perusahaan baru tersebut dijadwalkan akan didirikan dan mulai beroperasi sebelum akhir tahun 2023. Pendirian perusahaan baru dan mulai beroperasinya tunduk pada persetujuan otoritas terkait.

Koichi Yamamoto, (calon) Representative Director dan President dari HondaGS Yuasa EV Battery R&D Co., Ltd., mengatakan, “Kami sangat senang bahwa Honda dan GS Yuasa telah mencapai kesepakatan usaha patungan, yang akan menjadi tonggak baru dalam mewujudkan netralitas karbon, yang merupakan tujuan bersama kedua perusahaan.” 

Dirinya menambahkan, “Perusahaan baru ini akan sepenuhnya memanfaatkan kekuatan kedua perusahaan dan membangun kehadiran yang kuat di pasar baterai yang berkembang pesat.”

HondaGS Yuasa EV Battery R&D Co., Ltd., sedianya akan berkantor pusat di Inobanba-cho, Nishinosho, Kisshoin, Minami-ku, Kyoto, Jepang. Modal telah disiapkan sebesar 2 miliar yen atau setara Rp 219 miliar dan juga telah menyiapkan modal cadangan dengan nilai yang sama Rp 219 miliar.

Rasio kontribusi untuk saham adalah 50 persen Honda Motor Co., Ltd, dan 50 persen GS Yuasa International Ltd. Adapun perwakilan yang bertanggung jawab adalah Koichi Yamamoto, Representative Director and President (dari Honda) dan Masaaki Hosokawa, Representative Director and Vice President (dari GS Yuasa).

Pilihan Editor: Honda dan GS Yuasa akan Bentuk Perusahaan Baterai Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi