Hyundai Motor-LG Energy Solution Kerja Sama Bikin Baterai Kendaraan Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 29 Mei 2023 13:51 WIB
Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution kerjasama bangun pabrik baterai mobil listrik. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHyundai Motor Group dan LG Energy Solution (LGES) mengumumkan telah melakukan kerja sama pendirian manufaktur produksi battery cell kendaraan listrik untuk pasar di Amerika Serikat. Sebagai tekad mengakselerasi Hyundai Group kendaraan elektrifikasi di Amerika Utara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kesepakatan tersebut dilakukan di Seoul, Korea pada 26 Mei dengan datangnya Jaehoon Chang, President & CEO Hyundai Motor Company dan Youngsoo Kwon, CEO of LG Energy Solution.

Adapun Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution atas kerja sama ini akan saling memegang 50 persen saham. Nilai investasinya mencapai 4,3 miliar atau setara Rp 64 triliun.

“Hyundai Motor Group tengah fokus pada elektrifikasi untuk mengamankan posisi terdepan di industri otomotif. Kami akan membuat pondasi kuat sebagai pemimpin transisi global kendaraan listrik melalui pabrik baterai sel kendaraan listrik bersama LG Energy Solution sebagai pembuat baterai global dan rekanan jangka panjang,” ujar Jaehoon Chang.

“Dua perusahaan besar di otomotif dan industri baterai saling bergandengan tangan, dan kita siap menjadi yang terdepan di transisi mobil listrik di Amerika,” ujar Youngsoo Kwon.

Kapasitas produksi tahunan dari perusahaan patungan ini mencapai 30 GWh, memungkinkan menyediakan baterai untuk 300.000 unit kendaraan listrik setiap tahun.

Fasilitas akan berada di Bryan County, Savannah, Georgia bersebelahan dengan fasilitas Hyundai Motor Group Metaplant Amerika yang saat ini masih dalam pembangunan.

Konstruksi akan mulai pada pertengahan tahun 2023, kerjasama produksi baterai akan dimulai pada tahun 2025.

Hyundai Mobis akan memproduksi kemasan baterai menggunakan sel dari pabrik dan memasok ke fasilitas produksi Hyundai Group Amerika Serikat untuk Hyundai, Kia, dan model kendaraan listrik EV.

Adanya kerjasama ini LGES ini telah memiliki tujuh fasilitas pembuatan baterai yang diproduksi di Amerika Serikat, di mana perusahaan berkonsentrasi untuk memperluas kapasitas baterai. Melalui produksi lokal, LGES akan menghadirkan produk inovatif dalam jumlah dan kecepatan untuk hadirkan transisi energi bersih di Amerika.

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution sebelumnya sudah bekerja sama untuk memasok baterai kendaraan listrik ke Hyundai Elantra Hybrid, Kona Electric, dan khusus kendaraan listrik Ioniq 6.

Pilihan Editor: Hyundai Motor Group dan SK On Sepakat Pasok Baterai Mobil Listrik 300.000 per Tahun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi